Tokyo Uji Coba Aplikasi Pencari Kursi Kereta bagi Ibu Hamil

Ibu hamil di Indonesia pengin juga gak?

Tokyo, IDN Times - Kereta bawah tanah Tokyo selalu disesaki oleh para penumpang, terutama ketika jam sibuk. Situasi seperti ini tentu sangat menyiksa bagi para ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah aplikasi sedang diuji coba di Tokyo agar mereka bisa lebih mudah mendapatkan tempat duduk.

Cara beroperasinya mirip aplikasi kencan.

Tokyo Uji Coba Aplikasi Pencari Kursi Kereta bagi Ibu HamilZhipeng Ya via Unsplash

Seperti dilaporkan AFP, aplikasi itu sedang dites oleh firma teknologi Jepang, Dai Nippon. Uji coba itu akan dilaksanakan pada minggu ini di salah satu stasiun kereta bawah tanah tersibuk di kawasan Ginza. Dai Nippon bekerja sama dengan Tokyo Metro dan perusahaan penyedia aplikasi pesan instan Line.

Menurut pihak pengelola, cara beroperasinya mirip aplikasi kencan di mana seorang ibu hamil bisa mengirimkan pesan ketika ia membutuhkan sebuah kursi. Kemudian, aplikasi itu akan mencari pengguna lainnya yang berbaik hati mendaftarkan diri untuk menawarkan kursinya.

Jika sudah cocok, ibu hamil langsung menerima lokasi di mana kursi tersebut. Melalui aplikasi itu, tak ada informasi personal yang dibagikan jadi setiap pihak tak perlu khawatir. Bagi yang masih bingung, Dai Nippon menyediakan video untuk menunjukkan bagaimana cara kerja aplikasi itu.

Baca juga: Harga Satu Tiket Kereta Api ini Rp 113 Juta, Berminat?

Ada keinginan untuk membuat aplikasi serupa untuk orang tua dan penyandang disabilitas.

Tokyo Uji Coba Aplikasi Pencari Kursi Kereta bagi Ibu HamilSergio Rola via Unsplash

Dai Nippon, Tokyo Metro dan Line menyadari bahwa ketika di dalam kereta yang padat penumpang seringkali lebih sibuk dengan telepon genggam mereka. Alhasil mereka tak menyadari bila ada orang-orang yang lebih memerlukan kursi.

"Ini mungkin kondisi khusus di Jepang tapi beberapa orang ragu-ragu untuk berbicara dengan orang lain yang barangkali membutuhkan kursi," ujar juru bicara Dai Nippon. Mereka juga menyadari bahwa bukan hanya ibu hamil yang mengalami kesulitan seperti itu, tapi juga para orang tua dan pengandang disabilitas.

Oleh karena itu Dai Nippon berharap di kemudian hari mereka juga bisa membuat aplikasi serupa untuk membantu semua penumpang yang paling membutuhkan. Sejmentara itu, belum ada kepastian kapan aplikasi untuk ibu hamil itu akan diluncurkan. Mereka tengah menanti hasil uji coba yang sedang berjalan.

Baca Juga: Video Kereta Jepang Ini Bakal Bikin Kamu Bersyukur dengan Transportasi Umum di Indonesia

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya