Tiongkok Rilis Laporan Gempa Bumi yang Tak Pernah Terjadi

Mereka menyebut ada gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter.

Beijing, IDN Times - Pemerintah Tiongkok secara tak sengaja memberitakan dua gempa bumi besar yang tak pernah terjadi. Dilansir dari The Guardian, laporan tersebut dirilis ke publik pada Kamis malam waktu setempat (19/4). 

1. Padahal itu adalah latihan

Tiongkok Rilis Laporan Gempa Bumi yang Tak Pernah Terjadiunsplash.com/Diego Jimenez

Informasi yang keliru itu muncul di situs badan penganggulangan bencana Tiongkok. Di situs tersebut disebutkan bahwa ada gempa bumi dengan skala 6,5 skala richter selama 10 detik yang mengguncang Xinjiang dan Yunnan. Rupanya yang terjadi sebenarnya adalah mereka sedang melakukan latihan.

Baca juga: Tiangong-1, Stasiun Ruang Angkasa Tiongkok Jatuh di Pasifik

2. Pemerintah mengakui kesalahan tersebut

Tiongkok Rilis Laporan Gempa Bumi yang Tak Pernah Terjadiunsplash.com/Vidar Nordli Mathisen

Laporan tersebut tetap berada di situs itu sampai setidaknya satu jam hingga akhirnya disadari oleh publik Tiongkok. Pemerintah pun mengakui bahwa gempa bumi itu tak pernah terjadi dan yang ada adalah latihan tanggap darurat.

"Ada sebuah kebocoran latihan gempa bumi yang tak disengaja yang kemudian diberitakan media dan menyebabkan kesalahpahaman. Setelah itu terjadi, otoritas kami segera mengorganisir departemen-departemen terkait untuk menghapus informasi tak akurat itu," kata pemerintah pada Jumat (20/4).

3. Gempa kerap terjadi di Tiongkok

Tiongkok Rilis Laporan Gempa Bumi yang Tak Pernah Terjadiunsplash.com/Chester Ho

Tiongkok beberapa kali menjadi tempat di mana gempa bumi dahsyat terjadi. Gempa bumi paling mematikan menggemparkan suatu daerah bernama Shansi pada 23 Januari 1556. Kala itu, jumlah korban meninggal mencapai 830.000 orang.

Kemudian, pada Juli 1976 juga ada gempa di Tangshan yang diperkirakan memakan korban hingga 255.000 jiwa. Pada 2008, gempa besar terjadi di Sichuan dan menghilangkan 87.000 nyawa. Terakhir, pada Agustus 2017 lalu sebuah gempa tujuh skala richter melanda provinsi yang sama. Ada 19 orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Baca juga: Salah Pencet Tombol, Peringatan Rudal Gemparkan Hawaii

Topik:

Berita Terkini Lainnya