Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin Bahagia

Have yourself a merry little Christmas ~

London, IDN Times - Ada kalanya kita melihat orang-orang yang sudah mendekorasi rumah mereka dengan hiasan Natal terlalu awal dengan tatapan aneh. Padahal, ada banyak alasan mengapa mereka memasang dekorasi lebih awal. Salah satunya adalah karena dekorasi Natal membuat mereka merasa bahagia.

Ada nostalgia yang menyenangkan pada aktivitas mendekorasi rumah dengan hiasan Natal.

Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin BahagiaRawpixel via Unsplash

Steve McKeown, seorang praktisi psikoanalisis, berkata kepada UNILAD bahwa orang-orang merasa senang mendekorasi rumahnya jauh-jauh hari karena ada perasaan nostalgia yang terbawa. 

"Meski ada sejumlah alasan mengapa seseorang terobsesi memasang dekorasi jauh-jauh hari, alasan yang paling umum adalah karena rasa nostalgia, entah untuk mengingat keajaibannya, atau untuk mengompensasi kelalaian di masa lalu," kata McKeown.

McKeown juga menambahkan,"Di dunia yang penuh dengan perasaan stress dan kegalauan, orang-orang suka mengasosiasikan diri dengan hal yang membuat mereka bahagia dan dekorasi Natal melahirkan perasaan kuat tentang masa kecil. Dekorasi itu menjadi jalan menuju masa kecil yang penuh keajaiban."

Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin BahagiaErwan Hesry via Unsplash

Baca juga: VIRAL: Kelompok Paduan Suara Muslim Bernyanyi dalam Festival Lagu Natal!

Penghuni rumah yang didekorasi bernuansa Natal dianggap lebih bersahabat.

Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin Bahagiaifreestock via Unsplash

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Environmental Psychology juga menunjukkan sesuatu yang lain terkait orang-orang yang bersemangat mendekorasi rumahnya dengan hiasan Natal. Menurut jurnal yang dipublikasikan di situs ScienceDirect.com tersebut orang-orang yang rumahnya didekorasi ternyata dianggap lebih ramah dan bersahabat oleh tetangga mereka.

Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin BahagiaHeidi Sandstrom via Unsplash

Baca juga: Berbagi Makan Pada Hari Natal, Restoran Ini Buktikan Kalau Warga Muslim Itu Cinta Damai

Topik:

Berita Terkini Lainnya