Tak Biasa, Kepala Negara Korea Utara akan Berkunjung ke Seoul

Ia merupakan pejabat tertinggi yang akan bertemu pemerintah Korea Selatan.

Pyongyang, IDN Times - Pemerintah Korea Utara berencana untuk mengirimkan Kim Yong-nam yang merupakan salah satu pejabat tinggi dengan peran seremonial ke Seoul. Ia dijadwalkan akan berkunjung ke negara tetangga selama Olimpiade Musim Dingin yang akan dimulai pada Jumat (9/2).

1. Ia merupakan pejabat tertinggi Korea Utara yang pernah dikirim ke Korea Selatan

Tak Biasa, Kepala Negara Korea Utara akan Berkunjung ke SeoulANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Yong-nam merupakan ketua parlemen Korea Utara yang juga memerankan posisi seremonial sebagai kepala negara. Jika ia berkunjung ke Seoul, Yong-nam dipastikan menjadi penjabat terkuat nomor dua dari Korea Utara yang bertemu dengan pemerintah Korea Selatan.

Dikutip dari The Guardian, berita mengenai kehadiran delegasi tingkat tinggi Korea Utara diterima Korea Selatan pada Minggu malam (4/2). Dalam berita tersebut dinyatakan bahwa mereka akan berada di Korea Selatan pada 9 hingga 11 Februari. 

Baca juga: Artis Korea Utara Lewat, Warga Korea Selatan Bakar Foto Kim Jong-un

2. Kunjungan Yong-nam merupakan bagian dari kesepakatan antara kedua negara

Tak Biasa, Kepala Negara Korea Utara akan Berkunjung ke SeoulANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-ji

Seperti dilaporkan BBC, delegasi yang dipimpin Yong-nam terdiri dari tiga pejabat dan 22 atlet. Kemudian, atlet Korea Utara dan Korea Selatan sendiri akan melakukan parade di bawah satu bendera reunifikasi saat upacara pembukaan.

Pengiriman delegasi level tinggi merupakan bagian dari kesepakatan kedua negara pada Januari lalu.  Kehadiran Yong-nam dimaksud untuk mengirimkan sinyal bahwa Korea Utara berkomitmen memenuhi kesepakatan itu dan serius untuk mengurangi tensi di Semenanjung Korea. 

Sementara itu, para atlet dan delegasi pemerintah dikabarkan akan datang menggunakan sebuah kapal penyeberangan. Menariknya, seluruh kapal Korea Utara sudah dilarang masuk pelabuhan Korea Selatan sejak 2010. Oleh karena itu, pemerintah di Seoul akan "memberlakukan pengecualian untuk mendukung penyelenggaran Olimpiade".

3. Wakil Presiden Amerika Serikat dikabarkan punya agenda sendiri saat berkunjung ke Pyeongchang

Tak Biasa, Kepala Negara Korea Utara akan Berkunjung ke SeoulANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-ji

Sejauh ini ada spekulasi bahwa jika Yong-nam menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin, maka ia akan bertemu dengan Mike Pence. Wakil Presiden Amerika Serikat itu memang secara khusus diundang untuk hadir dalam pagelaran olahraga tersebut.

Sementara itu, situasi di Washington DC tidak penuh harapan seperti di Semenanjung Korea. Dilansir dari Washington Examiner, Pence dikabarkan tidak akan membiarkan Korea Utara membuat dunia menormalisasi rezimnya.

Salah satu staf Pence berkata,"Wapres akan mengingatkan dunia bahwa semua yang dilakukan Korea Utara pada Olimpiade adalah kepalsuan untuk menutupi fata bahwa mereka adalah rezim paling tiran dan suka menindas di planet ini."

"Pemerintah Korea Utara ingin membuat ini tentang kesempatan berfoto manis. Wapres berusaha melawan keinginan mereka untuk mengontrol pesan yang disampaikan...Kami takkan menyerahkan dua minggu perhatian media kepada Korea Utara," tambahnya.

Sejauh ini tidak ada pernyataan apapun dari pihak Korea Utara tentang kemungkinan bertemunya Pence dan Yong-nam. Sedangkan militer Amerika Serikat dan Korea Selatan sepakat untuk menghentikan sementara latihan militer gabungan hingga Olimpiade Musim Dingin selesai digelar.

Baca juga: Kisah 3 Pesepak Bola Asal Jepang yang Bermain untuk Korea Utara

Topik:

Berita Terkini Lainnya