Tahu Poster Ini? Perempuan yang Menginspirasinya Baru Saja Wafat

Dan ternyata ini bukan poster yang melambangkan feminisme, lho...

Washington, IDN Times - Poster yang dikenal dengan nama "Rosie the Riveter" merupakan salah satu yang paling populer di dunia. Bahkan, penyanyi Beyonce sempat berpose menirukan Rosie. Sayangnya, perempuan yang diyakini menginspirasi poster tersebut mengembuskan nafas terakhir pada Sabtu (20/1).

1. Perempuan itu bernama Naomi Parker Fraley dan merupakan mantan pekerja di markas angkatan laut Amerika Serikat

Tahu Poster Ini? Perempuan yang Menginspirasinya Baru Saja WafatBettman Archive via BBC

Pada 2016, seorang profesor Ilmu Komunikasi dari Seton Hall University, James Kimble, melakukan pencarian sebab ia meyakini ada Rosie di kehidupan nyata. Salah satu yang membuatnya yakin adalah karena sejumlah majalah pernah memuat foto perempuan-perempuan dengan pakaian hampir sama dengan Rosie.

Dikutip dari BBC, Kimble melakukan pencarian selama enam tahun dengan meneliti majalah serta foto-foto lama. Pada 2015, ia mengaku berhasil menemukan sosok Rosie yang sebenarnya ketika melihat foto perempuan tersebut, salah satunya usai melacaknya dengan bantuan image reverse. Rosie, kata Kimble, adalah Naomi Parker.

Kimble pun menemui Naomi Parker di kediamannya yang terletak di California. Ternyata ia adalah mantan pekerja di bengkel militer Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Berdasarkan foto yang ditemukan Kimble, perempuan kelahiran Oklahoma itu dipotret pada 24 Maret 1942. Saat itu, Naomi Parker berusia 20 tahun.

Baca juga: Muslim Akan Jadi Kelompok Terbesar Kedua di Amerika Serikat

2. Sebelumnya, sempat ada yang mengaku sebagai perempuan di balik poster Rosie

Tahu Poster Ini? Perempuan yang Menginspirasinya Baru Saja WafatBetmann Archive via BBC

Poster Rosie dibuat oleh seniman asal Pittsburgh bernama J Howard Miller. Ia menggambarkan para pekerja perempuan di era Perang Dunia II yang mengenakan atasan biru dan bando merah bermotif polkadot. Rosie pun tampak memamerkan otot lengannya dan Miller menambahkan tulisan "We Can Do It!"

Sebelum Kimble mempublikasikan temuannya, seorang perempuan bernama Geraldine Doyle pernah mengaku bahwa dia adalah Rosie yang sebenarnya. Doyle adalah pekerja di sebuah pabrik baja di masa Perang Dunia II di Michigan. Tak sedikit yang mempercayai perempuan yang meninggal pada 2010 itu.

Kimble sendiri tak merasa yakin dan pencariannya mengarah kepada Naomi Parker. Terlebih lagi karena fotonya yang mirip Rosie pernah muncul di sebuah koran lokal. "Itu terlihat sepertiku," kata Naomi Parker, meski tak ingat bahwa ia pernah dipotret saat bekerja.

3. Poster Rosie diyakini sebagai simbol feminisme, tapi cerita sebenarnya lebih rumit daripada itu

Tahu Poster Ini? Perempuan yang Menginspirasinya Baru Saja WafatInstagram.com/Beyonce

Popularitas poster Rosie meroket seiring dengan berjalannya waktu. Tak sedikit yang mencetaknya di gelas atau kaos. Majalah The New Yorker pernah membuat versi mereka sendiri pada 2017. Sebelumnya, Beyonce mengunggah foto di mana ia menirukan Rosie, lengkap dengan bando merah.

Rosie dipercaya sebagai simbol feminisme Amerika Serikat. Hanya saja, ceritanya tidak sesederhana itu. Rebecca Winson dari The Guardian menulis bahwa poster Rosie tidak pernah ditujukan untuk feminisme.

Pekerja perempuan sebenarnya yang menginspirasi Miller berpakaian lusuh dan minyak selalu menempel di badannya. Miller memutuskan untuk merias perempuan dalam posternya agar tampak menarik. Tujuannya adalah supaya perempuan Amerika Serikat mau bekerja sebagai bentuk patriotisme pada negara.

Mereka pun mengambil pekerjaan yang ditinggalkan oleh para laki-laki yang terlibat dalam perang. "Propagandanya tidak mempedulikan fakta bahwa perempuan diharapkan bekerja, kemudian usai perang, ketika mereka digaji hampir 50 persen lebih rendah dari karyawan laki-laki, mereka akan dipecat," tulis Winson.

Baca juga: Ingin Menikah, Wanita Amerika "Jajakan Diri" Kepada Penawar Tertinggi

Topik:

Berita Terkini Lainnya