Survei: Sifat Maskulin Lebih Dihargai Daripada Feminin

Laki-laki juga lebih merasa tertekan untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga.

Washington, IDN Times - Sebagian besar warga Amerika Serikat melihat ada perbedaan gender antara perempuan dan laki-laki. Namun, mereka tak tahu apakah itu disebabkan oleh faktor biologis atau sosial. Mereka juga merasa bahwa masyarakat lebih menghargai sifat maskulin daripada feminin. Setidaknya, hal itu didasarkan pada survei yang dilakukan oleh Pew Research.

Perbedaan itu terdapat dalam beberapa hal.

Survei: Sifat Maskulin Lebih Dihargai Daripada FemininClimate Kic via Unsplash

Survei itu menunjukkan bahwa 87 persen responden mengaku laki-laki dan perempuan berbeda dalam mengekspresikan perasaan mereka. Dari angka itu, 58 persen di antaranya menyebut bahwa ini karena faktor sosial, sementara 42 persen mengatakan sebabnya adalah faktor biologis.

Sementera itu, 76 persen responden juga melihat ada perbedaan dalam kapabilitas fisik. Namun, 78 persen menilai faktor biologis yang melatarbelakanginya. Hanya 21 persen yang berkata perbedaan itu dikarenakan oleh faktor sosial. 

Sementara itu, 63 persen responden berkata kedua gender punya kemampuan yang sama baiknya dalam melakukan pekerjaan. 47 persen dari mereka menyebut penyebabnya adalah faktor biologis, sedangkan 53 persen menilai itu karena faktor sosial.

Baca juga: Lebih Banyak Perempuan Menjomblo, Survei Ini Ungkap Alasannya

Laki-laki lebih mendapat tekanan dari masyarakat. Namun, sifat maskulin jauh lebih dihormati.

Survei: Sifat Maskulin Lebih Dihargai Daripada FemininOmar Lopez via Unsplash

Survei tersebut juga menemukan bahwa lebih banyak laki-laki dituntut untuk mencapai sejumlah hal dibandingkan perempuan. Misalnya, dalam hal dukungan finansial untuk keluarga, 76 persen berkata laki-laki lebih menghadapi tekanan untuk memenuhinya. Hanya 40 persen yang merasa tekanan itu diberikan kepada perempuan.

Begitu juga dalam kesuksesan di bidang pekerjaan. 68 persen menyebut laki-laki lebih dituntut untuk berhasil, sementara 44 persen menyatakan perempuan juga menghadapi tuntutan serupa. Kemudian, 71 persen responden berkata ekspektasi untuk tampil atraktif secara fisik lebih ditujukan untuk laki-laki. Hanya 27 persen yang menganggap ekspektasi yang sama diberikan untuk perempuan.

Survei: Sifat Maskulin Lebih Dihargai Daripada FemininClarke Sanders via Unsplash

Tuntutan-tuntutan itu barangkali berkaitan dengan masyarakat yang lebih menghargai sifat maskulin daripada feminin. Menurut 53 responden, masyarakat lebih mengagumi laki-laki maskulin. Sementara hanya 32 persen yang mengatakan mereka memberikan penilaian lebih terhadap perempuan feminin.

Lalu, jika ditanya tentang karakter terbaik dari masing-masing gender, survei itu juga menemukan perbedaan mencolok. Responden menilai perempuan seharusnya menarik secara fisik dan punya sifat keibuan atau empati. Sedangkan mereka menilai laki-laki sebaiknya jujur dan bermoral, sukses secara finansial, berjiwa pemimpin serta tangguh.

Baca juga: Survei: Perempuan Dinilai "Bossy" Jika Minta Naik Gaji

Topik:

Berita Terkini Lainnya