Selfie dengan Miss Israel, Miss Irak Terima Ancaman Pembunuhan

Padahal maksud selfie itu untuk menunjukkan mereka "duta perdamaian".

Baghdad, IDN Times - Sarah Idan berhasil memenangkan ajang kecantikan Miss Irak. Ia pun mewakili negaranya ke kontes bergengsi Miss Universe pada November lalu. Pamer foto di Instagram adalah hal mutlak. Awalnya semua berjalan baik-baik saja sampai ketika Idan mengunggah selfie dengan Miss Israel yang bernama Adar Gandelsman.

1. Ia menerima sejumlah ancaman, termasuk pembunuhan.

Selfie dengan Miss Israel, Miss Irak Terima Ancaman PembunuhanInstagram Sarah Idan

Idan mengaku memutuskan untuk mengambil selfie dengan Gandelsman sebelum sesi pemotretan di Las Vegas, Amerika Serikat, dan mengunggahnya di Instagram. Idan menyadari bahwa Israel dan Irak tak memiliki hubungan baik, bahkan saling bermusuhan.

Namun, ia mengaku punya niat lain ketika mengambil dan mengunggah selfie tersebut. "Aku berkata 'ayo kita berfoto agar orang-orang bisa melihat kita tak punya masalah dan kita sebenarnya adalah duta perdamaian,'" ujar Idan, seperti dikutip dari CNN.

Idan pun menulis caption: "Damai dan cinta dari Miss Irak dan Miss Israel." Setelah itu, hal tak terduga terjadi. Ia menerima sejumlah ancaman, baik dari organisasi Miss Irak itu sendiri maupun warganet. Enam hari sebelum malam final, organisasi Miss Irak memaksanya untuk menghapus foto itu atau gelarnya akan dicabut. Sementara itu, yang lainnya mengancam akan membunuhnya.

Baca juga: 5 Fakta Demi-Leigh Nel-Peters, Miss Universe 2017 Asal Afrika Selatan

2. Orangtua Idan terpaksa meninggalkan Irak.

Selfie dengan Miss Israel, Miss Irak Terima Ancaman PembunuhanInstagram Sarah Idan

Begitu menyadari bahwa selfie itu berbuah sesuatu yang sangat serius, Idan segera menghubungi orangtuanya yang tinggal di Irak. "Orang-orang di Irak mengenal keluargaku, mereka seketika tahu orangtuaku. Dan mereka menerima ancaman-ancaman pembunuhan," ungkap Idan.

Ia sendiri memiliki kewarganegaraan ganda: Irak dan Amerika Serikat. Sialnya, paspor Irak miliknya akan segera habis. Jika ia ingin memperpanjangnya, Idan wajib untuk kembali ke Irak. Ia pun merasa takut sesuatu yang lebih buruk akan terjadi bila ia menginjakkan kaki di Irak lagi.

3. Ia merasa sangat marah dan takut, tapi tak ada penyesalan.

Selfie dengan Miss Israel, Miss Irak Terima Ancaman PembunuhanInstagram Sarah Idan

Idan juga mengaku bahwa ancaman yang ia terima salah satunya disebabkan oleh bikini yang dipakai ketika kontes itu berlangsung. Bikini yang ia pakai tak maksimal hingga panitia Miss Universe menghapus semua foto-fotonya ketika memakai busana renang tersebut. 

Ia tak hanya marah, tapi juga kecewa. "Banyak sekali orang salah sangka tentang Irak, dan sementara kami memang punya ekstremis, kami juga punya orang-orang baik. Aku berusaha menunjukkan gambaran yang baik tentang negara dan orang-orang kami, tapi alih-alih dukungan, aku justru menerima respons negatif. Aku tak mendapat sokongan apapun dari organisasi Miss Irak dan pemerintah kami," tegasnya.

Idan sendiri gagal untuk meneruskan perjalanannya di Miss Universe dan memilih pulang ke rumahnya di Los Angeles, Amerika Serikat. "Aku menangis di hadapan ibuku dan merasa semua salahku sampai mereka harus pergi dari Irak, dan dia berkata,'tidak, ini bukan salahmu, kita hidup di masyarakat yang kacau.'" Ia pun tak yakin untuk kembali ke Irak karena takut akan mendapat perlakuan lebih buruk.

4. Organisasi Miss Irak menyatakan pernyataan Idan itu tak benar.

Selfie dengan Miss Israel, Miss Irak Terima Ancaman PembunuhanInstagram Sarah Idan

Organisasi Miss Irak memberikan pernyataan kepada CNN. Mereka mengaku mendukung Idan, tapi tak memiliki cukup dana untuk memenuhi semua kebutuhannya. "Persoalan foto dengan Miss Israel, kami mendapatkan serangan kuat dari jalanan Irak tapi kami tak berkata akan mencabut gelarnya. Kami memintanya untuk mengklarifikasi apa yang terjadi," tulis mereka.

Sementara itu, Idan menuding mereka berbohong. Pernyataan organisasi Miss Irak "adalah salah, aku punya bukti yang menunjukkan mereka mengancam mencabut gelarku jika aku tak menghapus foto itu... Mereka mengancam akan melakukan itu berkali-kali, jika aku tidak merespons mereka dengan cepat, mereka mengancam akan mengambil gelarku."

Baca juga: 7 Destinasi Terindah di Lokasi Miss Universe 2017, Ada yang Gratis!

Topik:

Berita Terkini Lainnya