[INFOGRAFIS] Ke Guam, Rudal Kim Jong-un Akan Berlabuh

Semoga sebatas rencana

Pada Rabu (9/8), media milik pemerintah Korea Utara menyebutkan angkatan bersenjata yang dipimpin Kim Jong-un tengah bersiap untuk meluncurkan empat rudal Hwasong-12 ke perairan dekat Guam. Menurut klaim media tersebut, militer Korea Utara akan merampungkan rencana ini pada pertengahan Agustus dan kemudian minta persetujuan Kim Jong-un.

"Rudal Hwasong-12 akan diluncurkan oleh Korean People's Army dan melintasi langit Shimane, Hiroshima dan Koichi Prefectures. Rudal-rudal itu akan terbang dalam kecepatan 3.356,7 km per 1,065 detik. Rudal itu diperkirakan akan menghantam perairan 30-40 km dekat Guam," kata media itu, seperti dikutip BBC.

Baca Juga: Amerika Serikat Larang Warganya ke Korea Utara

[INFOGRAFIS] Ke Guam, Rudal Kim Jong-un Akan BerlabuhSukma Shakti/IDN Times

Guam adalah sebuah pulau di kawasan Pasifik yang menjadi bagian teritori AS pada 1898 setelah direbut dari Spanyol. Ancaman untuk menyerang Guam dengan rudal bukan pertama kalinya diucapkan oleh Korea Utara.

Pada Maret 2013, pemerintah Korea Utara sudah memperingatkan AS bahwa pihaknya siap membombardir pangkalan militernya di Jepang dan Pasifik, termasuk Guam. Ancaman itu dilatarbelakangi protes Korea Utara atas sanksi PBB serta latihan militer gabungan antara AS dan Korea Selatan.

Baca Juga: Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah Gagal

Topik:

Berita Terkini Lainnya