Resmi Bertunangan, Putri Jepang Akan Lepas Gelar Bangsawannya

Mirip cerita di buku dongeng

Putri Mako dari Kekaisaran Jepang resmi mengumumkan pertunangannya dengan pria bernama Kei Komuro pada Minggu malam (3/8) waktu setempat. Awalnya pertunangan tersebut direncanakan diselenggarakan pada bulan Juli. Namun, bencana alam yang terjadi di Jepang bagian barat harus membuat pihak kekaisaran menundanya.

Begitu menikah, ia tak lagi menjadi seorang putri.

Resmi Bertunangan, Putri Jepang Akan Lepas Gelar BangsawannyaANTARA FOTO/REUTERS/Shizuo Kambayashi

Informasi resmi terkait hubungan Putri Mako dan Kei Komuro sudah diketahui publik sejak Mei lalu. Publik juga sudah mengetahui bahwa Kei adalah seorang warga sipil biasa. Pernikahan keduanya sendiri dijadwalkan terjadi pada tahun depan.

Begitu menyandang status istri, ia takkan lagi menjadi seorang putri. Pasalnya, perempuan yang menjadi anggota kekaisaran harus melepas gelarnya ketika menikah dengan orang biasa. Aturan kontroversial ini tidak berlaku bagi mereka yang berjenis kelamin laki-laki.

Tampil di hadapan publik bersama sang tunangan untuk pertama kalinya, Putri Mako mengaku ia sudah siap dengan segala konsekuensinya.

"Saya tahu sejak kecil bahwa saya akan menanggalkan status bangsawan begitu menikah. Sementara saya bekerja keras untuk membantu kaisar dan memenuhi tugas sebagai anggota keluarga kaisar sebisa mungkin, saya juga menikmati hidup saya sendiri," ujarnya, seperti dikutip dari BBC.

Baca juga: Demi Cinta, Putri Jepang Rela Jadi Orang Biasa

Kei Komuro melamar Putri Mako pada 2013 lalu.

Resmi Bertunangan, Putri Jepang Akan Lepas Gelar BangsawannyaThe Yomiuri Shimbun

Putri Mako mengaku bahwa ia pertama kali tertarik kepada Kei Komuro karena ia "tersenyum seperti matahari". Keduanya bertemu ketika masih sama-sama menjadi mahasiswa pada 2012. Seperti diberitakan Japan News, Kei Komuro memutuskan untuk melamar Putri Mako pada Desember 2013.

"Mari menikah di masa depan," pinta Kei yang langsung mendapat jawaban setuju. Pria berusia 25 tahun yang kini menjadi seorang karyawan firma hukum itu pun berkata Putri Mako adalah seseorang yang "menjaganya seperti bulan".

Kei Komuro tinggal di Yokohama dan merupakan anak tertua dari mantan pegawai Pemerintah Kota Yokohama Toshikatsu Komuro. Mendengar berita ini, kabarnya kaisar dan istri kaisar mengaku sangat bahagia dan tak sabar menantikan hari pernikahan keduanya.

Baca juga: Semakin Banyak Orang Jepang Suka Makan Sendirian di Restoran

Topik:

Berita Terkini Lainnya