Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan

Demi solidaritas

Homofobia atau ketakutan terhadap kaum Lesbian Gay Biseksual dan Transgender memang bisa terjadi di mana saja. Meski Belanda terbilang negara yang toleran terhadap gerakan-gerakan progresif, tapi  Negeri Kincir Angin tersebut tak luput dari praktik kekerasan terhadap mereka yang homoseksual. Pada Minggu (2/4) satu pasangan pria gay dikabarkan diserang ketika melintas di sebuah jalan di Belanda. Usai peristiwa itu, banyak pria heteroseksual yang membuat gerakan di media sosial.

Semua bermula ketika sekelompok pria tak dikenal menyerang pasangan homoseksual.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan instagram.com/andreas.schieder

Dikutip dari BBC, Jasper Vernes-Sewratan dan Ronnie Sewratan-Vernes adalah pasangan gay berusia 30-an. Pada Minggu dini hari ketika mereka tengah berjalan kaki sambil bergandengan tangan di kota Arnhem, mereka diserang oleh sekelompok pria. Peristiwa yang menimpa mereka kemudian dikabarkan oleh sebuah acara talk show Belanda dan menjadi viral.

Baca Juga: Alih-alih Membenci, Seorang Lesbian di Texas Justru Mentraktir Keluarga Anti-Gay Ini

Mereka yang berempati mengunggah foto sedang bergandengan tangan dengan tanda pagar #allemannenhandinhand.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan instagram.com/frrredje

Mulai dari politisi, selebritas, komentator sepak bola serta pekerja biasa mengikuti gerakan tersebut melalui Twitter dan Instagram. Tanda pagar #allemannenhandinhand sendiri berarti semua pria bergandengan tangan.

Contohnya adalah Ketua Partai Demokrat 66 Alexander Pehtold yang mengunggah fotonya sedang bergandengan tangan dengan anggota partainya, Wouter Koolmees, ketika akan menghadiri rapat membahas kabinet baru Belanda. "Hentikan kekerasan terhadap gay," tulisnya.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan twitter.com/APechtold

Klub sepak bola N.E.C. Nijmegen yang berlaga di Eredivisie Belanda juga mengunggah foto para pemain sedang bergandengan tangan di depan markas mereka. Foto itu diberi kutipan "N.E.C. menolak kekerasan terhadap komunitas gay".

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan twitter.com/NEC_Nijmegen

Kepolisian Belanda pun tak ketinggalan untuk menunjukkan solidaritas mereka. Melalui akun Instagram @politieleiden mereka mengirimkan foto saling bergandengan tangan di depan mobil-mobil patroli mereka.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan instagram.com/politieleiden

Kemudian, tokoh agama juga ikut serta.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan instagram.com/ad_groenehart

Para diplomat yang menjadi perwakilan Belanda untuk misi PBB di New York juga memperlihatkan bahwa mereka mendukung perlawanan terhadap kekerasan yang menimpa komunitas LGBTQ di Belanda.

Protes Kekerasan Terhadap LGBT, Para Pria Belanda Bikin Gerakan Bergandeng Tangan twitter.com/LiseGvH

Belanda sendiri merupakan negara pertama di dunia yang mengeluarkan aturan legalisasi pernikahan sesama jenis, yakni pada 1 April 2001. Meski begitu rupanya pasangan homoseksual tetap harus waspada karena masih ada saja orang-orang yang memiliki fobia terhadap mereka.

Baca Juga: Taiwan Akan Jadi Negara Asia Pertama yang Setujui Pernikahan Sesama Jenis

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya