Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek Trump

Dia punya 1,7 juta followers di Instagram.

Washington DC, IDN Times - Pete Souza adalah fotografer Gedung Putih di masa pemerintahan Barack Obama. Begitu bosnya itu hengkang, ia juga turut meninggalkan posisinya. Meski Obama tak lagi menjadi presiden, tapi Souza selalu menemukan alasan untuk terus mengunggah foto-fotonya di akun Instagram pribadinya yang kini memiliki 1,7 juta followers.

Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek TrumpPete Souza

1. Souza mengambil hampir dua juta foto Obama dan banyak yang viral.

Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek TrumpPete Souza

Dikutip dari The New York Times, Souza mengalami sejumlah momen-momen ketika mendokumentasikan aktivitas Obama. Salah satunya adalah foto yang disebut "Hair Like Mine" atau "Rambut Seperti Milikku". Foto itu menunjukkan Obama menunduk setengah badan dan membiarkan seorang anak laki-laki menyentuh rambutnya.

Awalnya, anak berusia lima tahun itu bertanya pada Obama di Ruang Oval,"Apakah rambutku seperti rambutmu?" Kemudian, Obama menjawab,"Mengapa tak kamu sentuh dan lihat sendiri?" Anak bernama Jacob itu sempat ragu-ragu dan Obama mengulangi bahwa ia boleh menyentuh rambutnya.

"Jadi, bagaimana menurutmu?" tanya Obama. "Ya, rasanya sama saja," jawab si Jacob. Souza bercerita bahwa sebenarnya ia tak memahami signifikansi foto tersebut saat itu karena terjadi begitu cepat. Ia baru menyadari pentingnya momen yang ia dokumentasikan tersebut berjam-jam kemudian.

Baca juga: Pria Mudah Bermasalah, Obama Usul Wanita Dipilih Jadi Pemimpin

2. Souza suka trolling Donald Trump setiap kali presiden itu memfitnah Obama.

Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek TrumpPete Souza

Trolling, atau bisa diartikan dengan meledek di dunia maya, adalah salah satu faktor yang membuat Souza terkenal di Instagram. Target utamanya adalah Donald Trump. Ia kerap kali mengunggah foto mantan bosnya itu ketika Trump memfitnah Obama atau setiap ia membuat pernyataan heboh.

Contoh pertama adalah ketika Trump pernah mengklaim Obama tak sekalipun menghubungi keluarga dari para tentara yang tewas saat bertugas. Dikutip dari New York Magazine, Trump saat itu berkata,"Jika kalian perhatikan Presiden Obama dan presiden-presiden lainnya...sebagian besar dari mereka tak pernah menelepon [keluarga tentara yang gugur]."

Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek TrumpPete Souza

Tak berapa lama kemudian, Souza mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Obama dan istrinya, Michelle, bertemu dengan keluarga dari seorang tentara yang tewas di Gedung Putih. Untuk semakin menegaskan fitnah Trump, Souza menulis caption,"Aku juga memotretnya bertemu dengan ratusan tentara yang terluka dan keluarga dari mereka yang terbunuh saat bertugas."

Contoh lain adalah ketika Souza ingin menyindir para staf ahli Trump yang didominasi oleh laki-laki. Souza mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kaki Obama dan kaki tiga orang perempuan di mana mereka sedang berdiskusi di Ruang Oval. Ia menulis,"Bertemu dengan para staf ahli. Ini adalah gambar penuh. Aku rasa kalian akan berkata aku berusaha menunjukkan sesuatu."

3. Obama tak pernah sadar kamera.

Pete Souza, Fotografer Obama yang Doyan Ejek TrumpPete Souza

Selama delapan tahun menjadi fotografer Gedung Putih, Souza hanya mengambil cuti sakit sebanyak satu hari. Maka, hampir setiap hari ia menghabiskan waktunya bersama Obama. Menurut Souza, Obama sering tak sadar kamera.

"Ia hampir tak pernah tahu jika ada kamera. dan itu merupakan sesuatu yang tak biasa untuk seorang politisi. Itulah kenapa ia subyek yang baik. Dia mengurusi urusannya, aku mengurusi urusanku," kata Souza. Ia juga menegaskan bahwa mayoritas foto diambil secara spontan.

Pada November lalu, Souza merilis sebuah buku berisi potret-potret Obama dan keluarganya selama delapan tahun menjadi penghuni Gedung Putih. Buku itu diberi judul "Obama: An Intimate Portrait". Dalam promosi bukunya, ia mengingatkan kembali mengapa Obama menjadi salah satu presiden Amerika Serikat yang paling dicintai.

Baca juga: Michelle Obama Nilai Banyak Laki-laki yang Salah Asuh

Topik:

Berita Terkini Lainnya