Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di Korea

Selain #interkoreansummit, mie Pyongyang juga paling banyak dibicarakan oleh netizen.

Seoul, IDN Times - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, melakukan pertemuan bersejarah dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Korea pada Jumat (27/4). Pertemuan yang berlangsung di Rumah Perdamaian di Panmunjom tersebut adalah yang ketiga kalinya dalam sejarah.

1. Warganet Korea membicarakan tentang pertemuan tersebut

Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di KoreaYonhap News

Pertemuan keduanya disiarkan oleh sejumlah stasiun televisi Korea Selatan. Media online pun tak ketinggalan untuk memberitakannya. Trending topic di media sosial Korea Selatan sendiri dihiasi oleh serba-serbi pertemuan itu.

Berdasarkan situs trends24.in, dalam satu jam terakhir "pyeong-yangnaengmyeon" atau mie Pyongyang adalah topik yang paling banyak dibicarakan. Di nomor dua ada "naengmyeonjib" atau rumah makan yang menyajikan mie. 

Kata kunci seperti "#interkoreansummit", "saeloun yeogsa" atau sebuah sejarah baru, serta "gim-yeojeong"atau Kim Yo-jong juga menjadi trending topic. Ini menandakan bahwa warganet di Korea Selatan sangat antusias dengan pertemuan antara presiden mereka dan pemimpin Korea Utara itu.

Baca juga: Kim Jong-un dan Moon Jae-in Berjabat Tangan di Perbatasan Korea

2. Kim membawa mie Pyongyang sebagai oleh-oleh

Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di KoreaANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Sebenarnya bukan tanpa alasan spesifik mengapa mie Pyongyang menjadi topik yang paling dibahas di media sosial Korea Selatan. Pasalnya, menu makan malam kenegaraan menjadi perhatian publik di sana.

Ini pun diakui oleh Kim. Dilansir dari The Guardian, Kim bahkan membawakannya sebagai oleh-oleh. “Aku lihat sebelumnya bahwa menu makan malam di sini adalah sebuah topik panas. Aku juga membawakan mie dingin dari Pyongyang, jadi presiden, aku berharap Anda juga menikmati mie Pyongyang," kata Kim.

CNN melaporkan bahwa Kim tak hanya mengajak juru masak terbaik di negaranya untuk memasak mie yang sekarang sangat populer di Semenanjung Korea itu, ia bahkan membawa mesin pembuat mie sendiri sebagai bentuk totalitas.

3. Kim Yo-jong turut hadir dalam pertemuan tersebut

Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di KoreaAFP/Yonhap

Nama Kim Yo-jong masuk ke dalam salah satu trending topic karena adik sekaligus penasihat Kim Jong-un itu turut hadir dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Korea. Perempuan yang diyakini berusia 30 tahun tersebut sempat menjadi pusat perhatian kala menghadiri Olimpiade Musim Dingin yang lalu di PyeongChang.

4. Kim mengisyaratkan tentang denuklirisasi

Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di KoreaANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Pertemuan sesi pagi antara Kim dan Moon telah berakhir. Masing-masing pihak dilaporkan berpisah untuk makan siang di negara masing-masing. Mereka akan kembali berdialog setelahnya dan melanjutkan acara dengan makan malam kenegaraan.

Media di Seoul menyebutkan bahwa Kim meminta maaf kepada Moon karena telah membangunkannya dengan sirine peringatan karena Korea Utara melakukan uji coba nuklirnya. "Kami takkan lagi menginterupsi tidurmu di pagi buta," kata Kim, yang dibaca sebagai sinyal bahwa pihaknya siap membicarakan langkah denuklirisasi.

Baca juga: 2 Juta Orang Diprediksi Akan Tewas Akibat Nuklir Korea Utara

Topik:

Berita Terkini Lainnya