Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi Datar

Menyindir pemerintah yang tak percaya bukti juga sih..

Hari Bumi jatuh pada 22 April kemarin. Beragam cara untuk memperingatinya. Ada yang berjuang menjaga kebersihan, mengajak orang-orang untuk waspada terhadap perubahan iklim, ada juga menyindir kaum bumi datar (julukan untuk kelompok yang percaya bahwa bumi itu datar) baik orang biasa maupun selebritas.

Yang terakhir inilah yang dilakukan oleh ilmuwan ternama asal AS, Neil deGrasse Tyson. Ia kerap muncul di televisi AS karena tak hanya pintar, tapi juga humoris. Kali ini, Tyson menunjukkan rasa frustrasinya terhadap mereka yang masih meyakini bumi itu tak berbentuk bulat melalui sindiran yang pasti membuat kita tersenyum. Kita yang dimaksud di sini adalah yang peduli bahwa fakta dan bukti itu penting.

Untungnya yang percaya bumi datar tak akan punya posisi penting yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi Datartwitter.com/neiltyson

"Di negara merdeka, tidak masalah jika kamu berpikir bumi itu datar karena kamu tak akan naik jabatan jadi kepala @NASA."

Terserah jika mau percaya bumi datar, tapi asal tahu saja bahwa kepercayaan itu salah.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi Datartwitter.com/neiltyson

"Kamu bisa berkata bahwa bumi itu datar karena kita (AS) punya kebebasan berpendapat, tapi konstitusi kita tak menjamin bahwa semua yang kamu katakan itu benar."

Oleh karena itu tolong pertimbangkan baik-baik tentang konsep role model atau panutan.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi Datar/twitter.com/neiltyson

"Jika anak-anak yang mengidolakan bintang-bintang pop berpikir bumi itu datar karena mereka mempercayainya, maka ini memperlihatkan sebuah kecacatan dari konsep role model."

Kalau pemerintah punya masalah dengan ilmu pengetahuan, bisa jadi rakyatnya tak sejahtera.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi Datartwitter.com/neiltyson

"Tunjukkan kepadaku sebuah bangsa yang pemerintahnya anti terhadap ilmu pengetahuan, dan akan aku tunjukkan padamu sebuah masyarakat dengan tingkat kesehatan, kesejahteraan, dan keamanan yang sangat rendah."

Baca Juga: NASA Temukan 7 Planet Baru Seukuran Bumi, 3 Planet Kemungkinan Layak Huni

Sindiran Neil deGrasse Tyson bertepatan dengan aksi #MarchForScience yang dilakukan oleh kelompok ilmuwan dan yang peduli data di seluruh dunia.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi DatarAndrew Kelly/Reuters

Memang tak terlalu banyak selebritas AS yang percaya bahwa bumi itu datar. Sejauh ini yang telah mendeklarasikan diri sebagai kaum bumi datar adalah rapper B.O.B, mantan pebasket Shaquille O'Neil, mantan bintang reality show Tila Tequila, pebasket Kyrie Irving, serta pegulat WWE AJ Styles.

Yang mengkhawatirkan tentu saja bila pemerintah adalah orang-orang yang meragukan ilmu pengetahuan berbasis data. Konsekuensinya bisa buruk untuk segala kebijakan yang mereka ambil sebab mereka punya keyakinan sendiri yang tak mempedulikan bukti-bukti yang ada.

Misalnya, ketika Trump baru terpilih menjadi Presiden AS, ia memerintahkan Lembaga Perlindungan Lingkungan (EPA) untuk menyerahkan semua data kepada staf urusan politik Gedung Putih dulu sebelum diunggah ke situs resmi. Data yang dimaksud juga terkait dengan perubahan iklim.

Peringati Hari Bumi, Ilmuwan ini Sindir Mereka yang Percaya Bumi DatarAndrew Kelly/Reuters

Sindiran itu juga bertepatan dengan aksi #MarchForScience atau Unjuk Rasa Demi Ilmu Pengetahuan yang digelar di ratusan kota di seluruh dunia. Dikutip dari The Nation, para ilmuwan dan masyarakat awam yang peduli pada ilmu pengetahuan berunjuk rasa menuntut pemerintah di semua negara untuk memperhatikan data dan bukti dalam mengambil keputusan, termasuk yang berhubungan dengan lingkungan.

Baca Juga: Trump Kian Otoriter, Giliran Lembaga Pemerhati Lingkungan yang Dibungkam

Topik:

Berita Terkini Lainnya