Karena Kasus Ini, Semua Pantai di Jerman Gratis!

Warga sebelumnya harus membayar jika ingin berjalan-jalan di pantai.

Pengadilan federal Jerman memutuskan bahwa publik tidak boleh dipaksa membayar sejumlah uang agar bisa berjalan-jalan atau berenang di pantai-pantai Jerman. Keputusan tersebut menyinggung sejumlah pantai pribadi di kawasan Laut Utara dan Baltik.

Warga diwajibkan membayar Rp 47.000.

Karena Kasus Ini, Semua Pantai di Jerman Gratis!Will Langenberg via Unsplash

Semua berawal ketika ada dua warga yang menuntut pemerintah kota Wangerland, Jerman, karena mereka tak bisa mendapatkan akses gratis ke pantai di Laut Utara. Kedua warga berasal dari kota tetangga.

Dinas Pariwisata Wangerland membangun pagar di sekitar pantai untuk menghalangi orang-orang yang tak diinginkan masuk ke kawasan mereka. Pemerintah lokal juga menambahkan beberapa fasilitas, taman bermain dan merekrut para penjaga pantai.

Seperti dilaporkan Reuters, pengunjung yang ingin masuk ke pantai pribadi itu harus membayar Rp 47.000 pada musim panas. Aturan ini tak berlaku untuk warga atau pengunjung dari kota tersebut.

"Klaim atas hampir keseluruhan pantai, dan bukan hanya area yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, menimbulkan batasan-batasan berlebihan terhadap kebebasan umum," kata pengadilan.

Baca juga: Nyeleneh! 8 Pantai Ini Paling 'Colorful' Sedunia Lho!

Warga hanya harus membayar jika memakai fasilitas tertentu.

Karena Kasus Ini, Semua Pantai di Jerman Gratis!Herson Rodriguez via Unsplash

Hukum di Jerman sebenarnya mengatur bahwa setiap orang diperbolehkan masuk ke area yang tak terpakai. Ini ditujukan untuk memberikan akses kepada publik agar bisa menikmati keindahan alam. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan kesempatan untuk berekreasi tanpa perlu mengeluarkan uang.

Pengadilan negeri sebelumnya memutuskan bahwa pantai yang dipermasalahkan bukannya tak terpakai, tapi disewakan oleh pemerintah kota untuk tujuan komersial. Meski begitu, pengadilan federal bersikeras bahwa warga tetap tidak boleh membayar uang untuk berjalan-jalan atau berenang di pantai, kecuali bila mereka memanfaatkan fasilitas yang ditambahkan pemerintah

Baca juga: Seperti Potongan Surga, Ini 21 Pantai Terindah di Dunia

Topik:

Berita Terkini Lainnya