Cemari Gunung di Alaska, Pendaki Diwajibkan Bawa Pulang Tinja

Semacam oleh-oleh habis muncak gitu ya?

Denali, IDN Times - Para pendaki gunung di Denali, Alaska, diinstruksikan untuk membawa kembali tinja mereka saat turun. Ini karena pakar lingkungan menemukan bahwa kotoran yang selama ini mereka buang di gletser tidak hancur dan mencemari sumber air.

1. Selama 61 tahun diyakini ada 97 ton feses yang dibuang pendaki

Cemari Gunung di Alaska, Pendaki Diwajibkan Bawa Pulang TinjaMenno Boermans via National Park Service

Dikutip dari The Guardian, pakar geologis gletser, Michael Loso, memperkirakan bahwa 36.000 pendaki yang berusaha menaklukkan puncak itu antara 1951 hingga 2012 telah membuang sebanyak 97 ton feses padat. Mereka membuangnya di gletser Kahiltna yang berlokasi di rute puncak paling populer.

Pada umumnya, para pendaki, khususnya di Alpen, membuang kotoran mereka di sekitar lokasi pendakian. Mereka menaruhnya di dalam sebuah tempat yang bisa hancur dan membuangnya ke gletser. Mereka yakin wadah khusus itu akan tenggelam ke dasar gletser dan hancur.

Baca juga: Kurangi Polusi, Ratusan Pabrik di Tiongkok Ditutup

2. Peneliti menyatakan ada kemungkinan bahwa feses pendaki akan tetap utuh

Cemari Gunung di Alaska, Pendaki Diwajibkan Bawa Pulang Tinjainstagram.com/denalips

Penelitian Loso mengindikasikan bahwa kotoran pada pendaki tidak pernah mencapai dasar gletser. Parahnya, meski dimasukkan ke dalam wadah mudah rusak, tapi kotoran mereka tak bisa hancur. Loso pun memperingatkan bahwa suatu saat bukan tidak mungkin feses-feses itu akan muncul ke aliran sungai yang selama ini terkenal sangat indah.

Bukan hanya soal estetika, kekhawatiran tentang feses yang tak bisa hancur itu juga dipengaruhi oleh keberadaan sumber air bersih di pegunungan tersebut. Pasalnya, para pendaki di Denali mendapatkan suplai air minum dengan cara mencairkan salju di sana.

Jika salju tersebut terkontaminasi tinja manusia, maka dipastikan ada bakteri yang menyebar dan kemudian menyebabkan penyakit. Di ketinggian tertentu malah ditakutkan penyakit tersebut berakhir dengan kematian.

3. Pendaki harus membawa tinja mereka turun ke bawah

Cemari Gunung di Alaska, Pendaki Diwajibkan Bawa Pulang Tinjainstagram.com/denalips

Sejak 2007, NPS menginstruksikan para pendaki untuk mengumpulkan tinja mereka di sebuah tempat khusus. Sekarang mereka mengusulkan agar peraturan yang baru berisi kewajiban untuk pendaki membuangnya di celah gletser tertinggi. Di sana diyakini kotoran-kotoran itu akan hancur. Sisanya harus mereka bawa saat turun ke bawah.

Baca juga: Polusi Udara Memburuk, Wanita Ini Tuntut Pemerintah Prancis

Topik:

Berita Terkini Lainnya