Pecinta Kebebasan! Sapi Ini "Kabur" Bersama Kawanan Bison Liar

Menurut peneliti, jika sampai mereka kawin, sapi tersebut bisa meninggal

Warsaw, IDN Times - Seekor sapi memilih untuk kabur dari peternakan di tengah musim dingin dan berkeliaran dengan kawanan bison liar selama tiga bulan di Polandia. Dilansir dari SFGate, fenomena unik itu diketahui oleh seorang pakar bison yang tengah memotret kumpulan hewan liar tersebut.

1. Sapi itu dalam kondisi baik

Pecinta Kebebasan! Sapi Ini Kabur Bersama Kawanan Bison Liarfacebook.com/Rafal Kowalczyk

Seorang pakar bison, Rafal Kowalczyk, menyaksikan bagaimana sapi berwarna merah kecoklatan itu berlarian melintasi kebun jagung dekat hutan Bialowieza bersama para bison liar. Menurut Kowalczyk, sapi itu dalam keadaan baik-baik saja. Ia menduga, meski berada dalam kawanan yang asing, tapi sapi tersebut bisa menemukan makanan. 

Baca juga: Setelah Bertahun-tahun, Pria Ini Sadar Telah Menyirami Tanaman Plastik

2. Situasi tersebut sangat tidak biasa

Pecinta Kebebasan! Sapi Ini Kabur Bersama Kawanan Bison Liarfacebook.com/Rafal Kowalczyk

Menurut Kowalczyk yang merupakan Direktur Mamal Research Institute di Polish Academy of Sciences, pemandangan yang ia saksikan itu tak biasa. Ia baru pertama kali melihat ada kejadian seperti itu. Lalu, Kowalczyk mengunggah sebuah status yang berisi apa yang dilihatnya itu di akun Facebook.

Status itu pun kemudian viral. Salah satu warganet memberikan komentar menarik. Ia menulis,"Lain kali ketika aku berpikir bahwa sesuatu menghentikanku dari memenuhi mimpi-mimpiku, aku akan ingat sapi yang menjadi bison itu."

3. Meski unik, tapi rupanya situasi itu membahayakan sapi tersebut

Pecinta Kebebasan! Sapi Ini Kabur Bersama Kawanan Bison Liarfacebook.com/Rafal Kowalczyk

Kowalczyk mengatakan bahwa jika sapi itu perempuan, lalu kawin dengan bison laki-laki, kemudian hamil, maka ia bisa meninggal. Penyebabnya adalah ukuran bayinya yang lebih besar dari normal sehingga akan menghambat proses kelahiran.

Selain itu, anak-anak dari kedua spesies bisa terkontaminasi gen tertentu yang membahayakan populasi bison. Ini mengkhawatirkan karena bison semakin langka setelah Perang Dunia I. Oleh karena itu, para peneliti berupaya untuk memisahkan sapi dari kawanan bison pada musim panas nanti.

Baca juga: Aneh, Sekelompok Orang Berenang di Kandang Buaya Sambil Tertawa

Topik:

Berita Terkini Lainnya