Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di Australia

Sah!

New South Wales, IDN Times - Pada Desember lalu, Australia memutuskan bahwa pernikahan sesama jenis adalah legal. Sedikit pasangan yang bisa meresmikan hubungan mereka saat itu karena masih ada persyaratan tertentu. Sedangkan hari pertama di mana setiap pasangan sesama jenis bisa resmi menikah di Australia adalah pada Selasa (9/1).

1. Pasangan Luke Sullivan dan Craig Burns melakukannya tepat setelah tengah malam

Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di AustraliaAFP/Patrick Hamilton

Dikutip dari BBC, pasangan Sullivan (23 tahun) dan Burns (29 tahun) tak menyia-nyiakan kesempatan untuk segera menikah ketika pemerintah menetapkan hari Selasa sebagai hari di mana pernikahan pasangan jenis resmi bisa dilaksanakan. Keduanya menggelar pesta tepat usai tengah malam dalam sebuah upacara kecil di New South Wales.

Baca juga: Mayoritas Warga Australia Dukung Pernikahan Sesama Jenis

2. Banyak ucapan selamat yang datang

Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di AustraliaAFP/Patrick Hamilton

Luke dan Sullivan yang berprofesi sebagai atlet mengaku menerima banyak sekali ucapan selamat melalui Instagram. "Kotak pesan Instagramku dipenuhi orang-orang yang tak pernah aku temui—aku tak tahu siapa mereka—hanya mengirimkan cinta dan ucapan selamat, itu sangat menyentuh," kata Sullivan kepada Australian Broadcasting Corp.

3. Keduanya bersyukur atas momen tersebut

Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di AustraliaAFP/Patrick Hamilton

Sullivan dan Burns melangsungkan pernikahan di hadapan 50 anggota keluarga dan sahabat. Itu adalah sebuah momen yang sangat membahagiakan untuk keduanya.

"Ini adalah cara lain untuk menunjukkan cinta dan apresiasi kepada pasanganmu di hadapan orang-orang dalam hidupmu. Tak bisa melakukannya tentu terbilang menyebalkan—kamu ingin bisa memperlihatkan bahwa kamu mencintai pasanganmu," ujar Burns.

Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di AustraliaAFP/Patrick Hamilton

Keluarga mereka juga mengaku sangat senang. "Beberapa bulan lalu kami tak tahu dia akan bisa menikah secara legal di Australia, jadi ketika faktanya hari ini dia memiliki seorang suami terasa cukup luar biasa," kata kakak Burns, Sarah Ross.

4. Pasangan lain yang menikah adalah Lainey Carmichael dan Roz Kitschke

Inilah Pasangan Sesama Jenis Pertama yang Menikah Secara Legal di AustraliaAustralian Broadcasting Corp./Rodney Croome

Selain Sullivan dan Burns, ada beberapa pasangan sesama jenis lain yang juga menikah pada hari yang sama. Salah satunya adalah Carmichael dan Kistchke. Keduanya melangsungkan upacara kecil pada pukul 5.30 pagi.

Sama seperti Sullivan dan Burns, pasangan Carmichael dan Kitschke juga merasa bahagia. "Hari ini adalah hari spesial karena normalisasi pernikahan sesama jenis. Kami tak lagi merasa berbeda dari orang lain dan kami bisa melaksanakan pernikahan seperti mereka," ucap advokat hak gay, Rodney Croome.

Menurutnya, warga Australia patut bangga kepada negaranya yang menjunjung tinggi rasa cinta dan bahwa pasangan yang serius diperlakukan sama. "Ini benar-benar langkah penting untuk bangsa ini," tambahnya.

Baca juga: Pernikahan Sesama Jenis Legal, Dubes Australia Lamar Kekasihnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya