Para Pria Ini Mengaku Sebagai Yesus, Percaya?

Pengikutnya tak sedikit, lho...

Dalam Alkitab disebutkan bahwa Yesus akan kembali lagi ke dunia sebagai juru selamat atau dikenal dengan messiah. Rupanya, janji Tuhan tersebut menjadi alasan sejumlah pria ini percaya bahwa mereka adalah Yesus yang hadir kembali ke bumi.

Mereka tidak sedang bergurau. Bagi yang memang meyakini, mereka memang dipercaya sebagai Yesus sesungguhnya. Namun, bagi yang tidak, mereka adalah orang-orang yang memiliki Messiah Complex. Ini adalah kondisi psikologis di mana seseorang percaya dia juru selamat saat ini atau di masa depan.

Biasanya mereka menderita schizophrenia dan bipolar disorder. Berikut ini adalah para pria yang meyakini bahwa dirinya adalah Yesus Sang Juru Selamat seperti yang telah dijanjikan dalam kitab suci umat Kristen, yang bertempat tinggal di beragam negara, dari Afrika hingga Siberia.

Baca Juga: Unik! Masjid Ini Punya Imam Perempuan dan Terima LGBTQ

Mereka mengaku menyadari sebagai Yesus sejak bertahun-tahun lalu.

Para Pria Ini Mengaku Sebagai Yesus, Percaya?Jonas Bendiksen/National Geographic

Jonas Bendiksen dari National Geographic mengikuti tujuh orang pria yang mengaku sebagai Yesus, dan menampilkan lima di antaranya dalam sebuah artikel. Para pria ini tinggal di negara berbeda. Cerita tentang "terungkapnya identitas sebagai Yesus" dari masing-masing pun tak sama.

Misalnya, Moses Hlongwane yang mengaku bernama lain Raja dari Segala Raja dan Tuan di Atas Segala Tuan, Yesus. Ia tinggal di Afrika Selatan. Menurut pengakuannya, ia mendapat wahyu dari Tuhan melalui sebuah mimpi di tahun 1992. Kala itu ia masih menjadi penjual perhiasan. Pengikutnya kini ada 40 orang.

Para Pria Ini Mengaku Sebagai Yesus, Percaya?Jonas Bendiksen/National Geographic

Kemudian ada pria bernama Sergei Torop yang mengganti namanya menjadi Vissarion Sang Kristus dari Siberia. Ia tinggal di desa kecil di Rusia. Vissarion menyebut saat Uni Soviet runtuh, ia dilahirkan kembali sebagai Yesus Kristus. Ia pun mendirikan Gereja Perjanjian Terakhir yang kini memiliki setidaknya 5.000 jemaat.

Sementara itu, Jesus Matayoshi yang tinggal di Jepang mendirikan sebuah partai politik bernama Komunitas Ekonomi Dunia pada 1997. Kebijakan-kebijakannya didasarkan pada keyakinan bahwa dirinya adalah Yesus Kristus. Ia bahkan mengikuti lebih banyak pemilu dalam dua dekade dibandingkan politisi Jepang manapun.

Ada yang mengklaim hampir dikunjungi Paus Benediktus.

Para Pria Ini Mengaku Sebagai Yesus, Percaya?Youtube

Brian Leonard Golightly Marshall adalah pria Australia berusia 71 tahun yang juga mengaku sebagai Yesus. Dikutip dari Daily Mail, Marshall bahkan menyebut bahwa Kain Kafan Turin adalah bukti dirinya memang Yesus.

Menurut mitos, ada bercak-bercak darah pada kain tersebut yang diyakini membentuk wajah pria, yakni, Yesus. Tak berhenti sampai di situ, Marshall mengklaim bahwa Vatikan pun sependapat dengannya. Sebuah surat yang ia sebut datang dari Paus Benediktus juga ia gunakan untuk menjustifikasi klaimnya.

Pada 2013, menurut Marshall, mantan Paus Benediktus sempat ingin mengunjunginya langsung. Namun, Marshall berkata bahwa paus yang baru, Paus Fransiskus, memutuskan untuk menggagalkan rencana tersebut.

Untuk semakin meyakinkan, Marshall juga membuat sejumlah video dan tulisan yang berisi ajaran-ajarannya. Ia juga menunjukkan bekas luka di tangan dan kaki, dan berkata bahwa itu bukti ia telah menjalani penyaliban seperti yang dilakukan Yesus.

Baca Juga: Ibunda Yesus Jadi Nama Masjid Terkenal Abu Dhabi

Topik:

Berita Terkini Lainnya