Nenek Ini Bermimpi Lulus SMA Saat Ulang Tahun ke-100

Banyak revisi bikin males garap skripsi? malu dong sama nenek ini...

Mexico City, IDN Times - Seorang nenek bernama Guadalupe Palacios tidak menyerah pada usia. Di usianya yang mengingjak 96 tahun, Palacios masih bermimpi untuk menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah menengah atas (SMA).

1. Ia bermimpi mendapatkan ijazah SMA pada ulang tahun ke-100

Nenek Ini Bermimpi Lulus SMA Saat Ulang Tahun ke-100AFP/Moyses Zuniga

Dikutip dari AFP, Palacios adalah seorang nenek yang tinggal di Tuxtla Gutierrez, Meksiko. Dengan kulitnya yang keriput dan julukannya sebagai "Dona Lupita", Palacios menjadi siswa populer di SMA tempatnya belajar.

Palacios punya impian yang tak biasa untuk perempuan seusianya. Ia sangat ingin mendapatkan hadiah istimewa saat berulang tahun ke-100 nanti. Hadiah itu adalah ijazah yang menandakan ia sudah lulus SMA. Oleh karena itu, ia sangat bersemangat pergi ke sekolah.

Baca juga: Berusia 88 Tahun, Perempuan Ini Jadi Peraih Gelar Doktoral Tertua di Jepang

2. Palacios tumbuh besar tanpa mengenyam pendidikan

Nenek Ini Bermimpi Lulus SMA Saat Ulang Tahun ke-100AFP/Moyses Zuniga

Semangat Palacios seperti milik anak kecil yang tak sabar untuk belajar dan bertemu teman-temannya di sekolah. "Aku merasa siap untuk memberikan segalanya. Hari ini adalah hari yang sangat indah," katanya pada hari pertama. Layaknya pelajar lain, Palacios juga memakai seragam sekolah.

Nenek yang menikah dua kali dan memiliki enam anak itu datang dari keluarga yang tak beruntung secara ekonomi. Karena sangat miskin, Palacios tak pernah pergi ke sekolah sebab ia harus membantu orang tuanya bercocok tanam di sebuah desa terpencil.

3. Di umur 92 tahun ia memutuskan harus bersekolah

Nenek Ini Bermimpi Lulus SMA Saat Ulang Tahun ke-100AFP/Moyses Zuniga

Berpuluh-puluh tahun hidup tanpa pendidikan membuat Palacios tidak bangga. Ia memang sempat mempelajari aritmatika, tapi tak pernah tahu caranya membaca dan menulis. Maka, tak ada kata terlambat.

Di usia 92 tahun, Palacios memutuskan bahwa itu saatnya ia menjadi peserta program literasi. Kemudian, pada 2015, ia mengikuti program seperti kejar paket level Sekolah Dasar. Kurang dari setahun, Palacios berhasil menyelesaikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sayangnya, tak ada program kejar paket untuk tingkat SMA. Tak ada pilihan lain bagi Palacios selain harus mendaftar di SMA biasa. Ia pun belajar bersama dengan siswa dan siswi yang usianya puluhan tahun lebih muda daripada dirinya. Setelah lulus, Palacios pun ingin menjadi guru Taman Kanak-kanak.

Baca Juga: Dianggap Terlalu Tua, Nenek 116 Tahun Ini Ditolak Bank

Topik:

Berita Terkini Lainnya