Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'

Dia punya nama, Donald!

Pada acara debat calon presiden Amerika Serikat kemarin, Hillary Clinton sempat mengkritik Donald Trump berkaitan dengan komentar negatif berbau misogyny terhadap perempuan yang selama ini diperlihatkan oleh kandidat capres dari Partai Republik itu.

Hillary Clinton menyebut kasus Alicia Machado sebagai contoh.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'hillaryclinton.com

Clinton berkata, "Salah satu hal terburuk yang ia katakan tentang seorang perempuan di kontes kecantikan -- dia cinta kontes kecantikan, mendukung dan menghadiri acara seperti itu -- dan dia pernah menyebut perempuan ini 'Miss Piggy', lalu dia memanggilnya 'Miss Housekeeping' karena dia seorang Latina (perempuan yang berasal dari kawasan Amerika Latin -red). Donald, perempuan ini punya nama. Namanya adalah Alicia Machado dan dia sudah menjadi warga negara Amerika Serikat dan kamu bisa bertaruh dia akan memilih (dalam pemilu) November ini".

Seperti biasa, Trump mengelak dari fakta ketika terdesak.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'jacobinmag.com

Trump terus-menerus menginterupsi Clinton dengan bertanya,"Di mana kamu menemukan kabar ini?", dengan gaya seakan-akan Clinton sedang menyebar kebohongan. Respon Trump tersebut sangat bisa ditebak karena dia terkenal memiliki keahlian dalam menolak fakta dan memilih hidup di dunianya sendiri.

Kemudian, seperti biasa juga, Trump berubah pikiran dan berkata sebaliknya, dalam hal ini dia membenarkan pernyataan Clinton.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'abc7.com

Seusai debat, Trump berbicara dengan Fox News. "Aku tahu perempuan itu. Perempuan itu adalah Miss Universe. Dia adalah orang terburuk yang kita punya. Berat badannya bertambah sangat banyak dan ini merupakan masalah nyata. Kami punya sebuah masalah nyata. Bukan hanya itu, tapi juga sikapnya."

Bagaimana mungkin orang seperti ini dibiarkan berkeliaran bebas menjadi seorang calon presiden dari sebuah negara seperti Amerika Serikat?

Baca Juga: Orthorexia Nervosa: Obsesi Makan Bersih Dapat Membuatmu Mengalami Kekurangan Gizi

Publik pun bertanya-tanya mengenai sosok Alicia Machado yang sebenarnya.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'nytimes.com

Dikutip dari CNN International, Alicia Machado mengikuti ajang Miss Universe pada tahun 1996 ketika berusia 19 tahun dengan mewakili Venezuela. Dia menjadi pemenang dalam kontes kecantikan yang sempat diproduseri Trump tersebut. Kemudian, Trump mempersoalkan bertambahnya berat badan Machado.

Dalam wawancara radio dengan Howard Stern, Trump menyebut bahwa berat Machado bertambah 7 atau 8 kilogram, lalu mencapai 70 kilogram. "Jadi dia adalah orang yang suka makan", ujarnya saat itu, seperti yang dilansir oleh The New York Times. Rumor pun beredar tentang kemungkinan Machado dipaksa mengundurkan diri dari posisinya sebagai Miss Universe jika tidak mengurangi berat badan.

Selama interview dengan Inside Edition di bulan Mei 2016, Machado mengaku pernah dicemooh Trump di depan umum dengan sebutan 'Miss Piggy'. Dampaknya adalah Machado menderita anoreksia dan bulimia selama 5 tahun. Selama 20 tahun Machado juga harus bergulat dengan depresi serta trauma sebagai akibat dari perlakuan Trump terhadapnya.

Machado juga menyebutkan Trump sering mengolok-olok kemampuan berbahasa Inggrisnya dan memanggilnya 'Miss Housekeeping' karena aksen Venezuelanya yang sangat kental. Trump bahkan tanpa malu memaksa Machado untuk pergi ke pusat kebugaran dengan membawa reporter. Kejadian-kejadian seperti ini semakin membuat Machado depresi.

Alicia Machado menjadi pendukung Hillary Clinton.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'businessinsider.com
Kini, Machado sudah mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat dan menjadi pendukung Hillary Clinton. Dia pun berkicau di Twitter (@machadoofficial) bahwa dirinya akan memanfaatkan kewarganegaraannya untuk mendukung Hillary dan perempuan-perempuan lainnya.

Setelah Clinton mengangkat isu seksisme yang dilakukan Trump pada debat Senin malam, Machado merasa sangat terharu. NPR melaporkan bahwa dia bahkan berbicara di konferensi pendukung Clinton pada Selasa pagi dan mengaku "Saya mulai menangis karena tak pernah menyangka seseorang yang begitu penting akan peduli pada cerita saya."

Peristiwa yang menimpa Alicia Machado tidak hanya mempertanyakan kelayakan Trump jadi presiden, tapi juga perlunya mempertanyakan standar kecantikan.

Ini Dia Mantan Miss Universe yang Dicemooh Donald Trump sebagai 'Miss Piggy'huffingtonpost.com

Alicia Machado pasti berada dalam sebuah situasi yang sangat berat. Posisinya yang berada dalam pusaran perhatian membuatnya sulit menghadapi cemoohan-cemoohan orang yang waktu itu jauh lebih kuat dari dirinya. Ditambah usia Machado saat itu masih sangat muda yang membuatnya rentan terhadap kritik yang berkaitan dengan fisik.

Standar kecantikan perempuan yang diadopsi oleh masyarakat luas seringkali mustahil untuk dicapai. Penekanan terhadap kesempurnaan fisik, terutama ketika seorang perempuan berada di posisi tertentu -- seperti model atau aktris, menjadi beban tersendiri bagi kaum perempuan. Fokus pada akhirnya diletakkan pada warna kulit, rambut, bentuk wajah, maupun tinggi badan. Bagi yang sangat terobsesi untuk mencapai standar ini lalu gagal, dikhawatirkan akan lebih mudah depresi.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Tulungagung Ini Berhasil Raih Cum Laude di Universitas Kentucky!

Topik:

Berita Terkini Lainnya