Museum Madame Tussauds Hong Kong Segera Pamerkan Patung Lilin Jokowi

Bersanding dengan Bung Karno dan Mahatma Gandhi

Setelah menanti beberapa bulan, akhirnya museum ternama Madame Tussauds di Hong Kong mengumumkan bahwa patung lilin Jokowi akan segera diresmikan dan bisa dilihat oleh pengunjung. Pengumuman tersebut disampaikan melalui situs resmi Madame Tussauds Hong Kong.

Patung lilin Jokowi diresmikan pada pertengahan tahun 2017.

Museum Madame Tussauds Hong Kong Segera Pamerkan Patung Lilin Jokowifacebook.com/madametussaudshongkong

"Madame Tussauds Hong Kong siap meresmikan patung lilin pertama dari Presiden Indonesia, Joko Widodo. Pengunjung berkesempatan bertemu dengan patung lilinnya pertengahan tahun ini di The Peak," begitu bunyi pengumuman resmi dari museum Madame Tussauds Hong Kong Selasa (21/2). Patung lilin Jokowi akan disandingkan dengan patung serupa Presiden pertama Indonesia, Soekarno, dan pemimpin pergerakan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi.

Baca Juga: Vlog Terbaru Presiden Jokowi: Perkenalkan Kuliner Indonesia ke Dunia Internasional

Jokowi meminta patung dirinya dibuat natural seperti dirinya di kehidupan sehari-hari.

Museum Madame Tussauds Hong Kong Segera Pamerkan Patung Lilin Jokowifacebook.com/madametussaudshongkong

Pada Oktober 2016 lalu Istana Negara memberikan persetujuan kepada pengelola Madame Tussauds Hong Kong yang ingin membuat patung lilin Jokowi. Tim pematung dan seniman Madame Tussauds Hong Kong pun segera menemui Jokowi di Istana Negara untuk melakukan pengukuran.

Demi membuat patung lilin tersebut terlihat mirip, ada lebih dari 200 pengukuran detil yang dilakukan terhadap Jokowi. Tak hanya itu, ratusan foto pun diambil saat itu untuk memastikan tim pematung bisa membuat patung terbaik dari Jokowi.

Dikutip dari Antara News, Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menyebut bahwa Jokowi menginginkan patung lilinnya dibuat senatural mungkin seperti apa adanya Jokowi di kehidupan nyata. Tri Tharyat, Konsulat Jenderal Indonesia di Hong Kong, mengungkap bahwa Jokowi sendiri yang memilih pose untuk patung lilinnya. Sedangkan latarnya dipilih oleh staf Istana Negara.

Berdasarkan polling, sosok Jokowi terpilih menjadi figur pemimpin negara yang diabadikan dalam bentuk patung lilin.

Museum Madame Tussauds Hong Kong Segera Pamerkan Patung Lilin Jokowifacebook.com/madametussaudshongkong

Seperti dilaporkan Kompas, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menyebutkan alasan di balik pembuatan patung lilin Jokowi oleh tim Madame Tussauds Hong Kong adalah karena hasil polling yang dilakukan pengelola museum. Polling tersebut adalah tentang siapa tokoh dunia yang pantas dibuatkan patung lilinnya di Madame Tussauds Hong Kong.

"Jawabannya banyak, ada siapa, siapa. Tetapi, dari kategori world leader, Pak Jokowi urutan pertama," kata Djumala. Dalam polling itu, Jokowi yang sempat muncul di sampul majalah bergengsi, Time, mampu mengalahkan Hillary Clinton dan Donald Trump.

Baca Juga: Ternyata, Jokowi Sering Keliru Saat Mengucap Singkatan Program Pemerintah

Topik:

Berita Terkini Lainnya