Melaju 3 Kali Batas Kecepatan, Kereta Ini Alami Kecelakaan

Kecelakaan terjadi di Seattle dan menewaskan tiga orang.

Seattle, IDN Times - Sebuah kereta Amtrak di Seattle, Amerika Serikat, mengalami kecelakaan pada Senin pagi waktu setempat (18/12). Kereta tersebut melaju tiga kali lebih cepat dari batas yang semestinya. 

1. Tiga orang dilaporkan tewas.

Melaju 3 Kali Batas Kecepatan, Kereta Ini Alami KecelakaanANTARA FOTO/REUTERS/Steve Dipaola

Seperti dilaporkan The Guardian, ada 80 penumpang dan lima kru yang bertugas dalam kereta tersebut. Kecelakaan diketahui menewaskan tiga penumpang dan 70 orang lainnya membutuhkan perawatan medis, termasuk 10 orang yang mengalami luka serius.

Baca juga: Kekurangan Lahan, Rel Kereta Ini Dibuat Menembus Apartemen

2. Jalur yang dilalui kereta itu baru dibuka.

Melaju 3 Kali Batas Kecepatan, Kereta Ini Alami KecelakaanTwitter Komo News

Kereta Amtrak itu adalah yang pertama mencoba rute cepat menuju ke arah selatan Seattle. 13 gerbong seketika jatuh dari rel dan menimpa dua kendaraan. Jalur tersebut dibuat untuk meningkatkan layanan transportasi publik di sana. Tim penyelamat pertama yang merespons kecelakaan tersebut mengaku sangat kesulitan untuk mencari korban. Pasalnya, gerbong-gerbong kereta berada dalam posisi menggantung yang rawan jatuh. 

3. Kereta itu melaju dengan kecepatan melebihi batas.

Melaju 3 Kali Batas Kecepatan, Kereta Ini Alami KecelakaanElaine Thompson/AP via NPR

Dalam konferensi pers yang dilangsungkan usai kecelakaan, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) mengatakan bahwa kecepatan kereta itu tiga kali batas maksimum. Meski demikian, mereka mengaku masih terlalu dini untuk mengetahui mengapa masinis membuat keretanya melaju sangat kencang, kemudian kecepatannya menurun cukup drastis sebelum mengalami kecelakaan.

4. Setelah kecelakaan, Trump mengirimkan cuitan untuk meminta dukungan terhadap rencana infrastrukturnya.

Melaju 3 Kali Batas Kecepatan, Kereta Ini Alami KecelakaanTwitter Donald Trump

"Kecelakaan kereta yang baru terjadi di DuPont, WA menunjukkan kenapa rencana infrastruktur yang akan kami ajukan harus segera disetujui. Tujuh triliun dolar dihabiskan di Timur Tengah sementara jalan, jembatan, terowongan, rel kereta (dan lainnya) rusak! Tak akan begitu lagi," tulis Trump. Beberapa lama kemudian, ia menulis lagi: "Pikiran dan doa untuk semua yang terlibat."

Baca juga: Tokyo Uji Coba Aplikasi Pencari Kursi Kereta bagi Ibu Hamil

Topik:

Berita Terkini Lainnya