Mantan Ibu Negara Barbara Bush Tutup Usia

Ia adalah istri sekaligus ibu presiden AS

Washington, IDN Times - Mantan Ibu Negara Amerika Serikat Barbara Bush meninggal dunia pada usia 92 tahun. Kabar tersebut disampaikan juru bicara keluarga pada Selasa (17/4).

1. Barbara Bush gagal jantung kongestif

Mantan Ibu Negara Barbara Bush Tutup UsiaPeople

Dilansir The Guardian, juru bicara keluarga Bush, Jim McGrath, menyampaikan pernyataan sebelumnya bahwa istri George Bush tersebut sudah sakit parah. Pada 15 April, McGrath mengumumkan ia sakit gagal jantung kongestif. Sebelum wafat, Barbara disebut sedang menjalani perawatan paliatif.

"Menyusul serangkaian perawatan di rumah sakit dalam beberapa waktu terakhir, dan setelah berkonsultasi dengan keluarga serta dokter, Nyonya Bush memutuskan tak mencari perawatan medis tambahan dan akan fokus pada perawatan kenyamanan."

Baca juga: Anak Fidel Castro Dilaporkan Bunuh Diri

2. Barbara Bush menjadi istri dan ibu dari presiden Amerika Serikat

Mantan Ibu Negara Barbara Bush Tutup UsiaPeople

Barbara Bush lahir di New York pada 8 Juni 1925 dengan nama Barbara Pierce. Ia menikah dengan George HW Bush pada 6 Januari 1945. Ia merupakan satu dari hanya dua perempuan Amerika Serikat yang menjadi istri dan ibu dari presiden. 

Barbara menjadi Ibu Negara pada 1989 hingga 1993. Dari enam anak yang dilahirkan, salah satunya adalah George Bush yang kemudian mengikuti jejak ayahnya menjadi presiden pada 2001 hingga 2009. Anaknya yang lain, Jeb Bush, adalah mantan gubernur Florida yang sempat mencalonkan diri menjadi presiden dari Partai Republik pada pilpres 2016 lalu.

3. Barbara Bush memiliki yayasan untuk mempromosikan kemampuan literasi

Mantan Ibu Negara Barbara Bush Tutup UsiaNew York Magazine

Barbara juga memiliki Yayasan Barbara Bush Foundation yang fokus untuk mempromosikan kemampuan literasi. Ini berkaitan dengan kesadarannya bahwa anak-anaknya sempat didiagnosis memiliki tendensi disleksia.

"Aku menyadari bahwa segalanya yang aku khawatirkan akan lebih baik, jika lebih banyak orang yang bisa membaca, menulis dan memiliki pemahaman," kata dia.

Baca Juga: Pemeran Soeharto di Film G30S/PKI Amoroso Katamsi Meninggal Dunia

Topik:

Berita Terkini Lainnya