Indung Telur Mahasiswi Tiongkok Dihargai Rp 157 Juta

Padahal jual-beli indung telur adalah praktik ilegal.

Para mahasiswi di kota Nanjing, Tiongkok, menjadi target sebuah praktik ilegal yang mendatangkan pundi-pundi uang. Mereka ditawari untuk menjual indung telur kepada makelar di pasar gelap. Uang yang bisa mereka dapatkan dari ini bisa sampai Rp 157 juta.

Makelar mencari mahasiswi pintar dan berpenampilan menarik.

Indung Telur Mahasiswi Tiongkok Dihargai Rp 157 JutaIlustrasi - insidehighered.com

South China Morning Post melansir bahwa agensi penyalur indung telur para mahasiswa tersebut bisa membayar mereka antara Rp 58 juta hingga Rp 157 juta untuk sekali donasi. Mereka harus memiliki penampilan menarik dan berpendidikan tinggi bila ingin mendapatkan harga yang paling tinggi.

Hal yang mengejutkan adalah para agensi tak takut untuk mengiklankan tawaran mereka di papan-papan pengumuman di sejumlah universitas di kota Nanjing. Tak sedikit mahasiswi yang kemudian tertarik untuk menjual indung telur mereka demi memperoleh tambahan uang yang jumlahnya menggiurkan.

Baca Juga: Berkat Ibu, Penyandang Disabilitas Ini Diterima di Harvard

Jual-beli indung telur tersebut adalah praktik ilegal.

Indung Telur Mahasiswi Tiongkok Dihargai Rp 157 JutaIlustrasi - casastudies.com

Sebenarnya pemerintah Tiongkok telah mengharamkan praktik jual-beli indung telur manusia sejak 2006. Namun, ketika pemerintah melonggarkan kebijakan keluarga berencana pada 2015, praktik tersebut kembali marak ditemu di pasar gelap.

Para mahasiswi yang sudah setuju untuk menjual indung telurnya akan menyerahkan informasi pribadi terkait nama, usia, tinggi, kondisi kulit, golongan darah serta kondisi medis. Lalu, informasi tersebut dimasukkan ke database makelar agar bisa dilihat oleh para calon pembeli.

Menurut salah satu pelaku, seorang wanita hanya bisa menjual indung telur mereka sebanyak tiga kali sepanjang hidupnya. Mereka pun harus menunggu sampai tiga hingga enam bulan antar periode. Tanpa prosedur yang baik, maka pemilik indung telur akan terancam kesehatannya.

Praktik ini dipilih karena lebih murah dibanding menggunakan ibu surogasi.

Indung Telur Mahasiswi Tiongkok Dihargai Rp 157 JutaIlustrasi - attractchina.com

Alasan mengapa jual-beli indung telur sangat laris manis adalah karena walau harganya mencapai ratusan juta rupiah, tapi ini masih jauh lebih murah bila dibandingkan opsi surogasi, yakni, memakai ibu pengganti.

Salah seorang sumber menyebut bahwa paket surogasi bisa mencapai harga Rp 781 juta. Harga bisa melonjak tinggi ketika si ibu sampai melahirkan. Sumber itu berkata perlu biaya sampai Rp 1,2 miliar. Bila anaknya lelaki, harganya hingga Rp 1,8 miliar.

Baca Juga: Ditinggal Orang Tua, Balita Robek Uang Rp 95 Juta

Topik:

Berita Terkini Lainnya