Labrador Ini Selamatkan Puluhan Korban Bencana di Meksiko

Ia jadi selebrita baru di media sosial.

Anjing jenis labrador ini bukan anjing biasa. Namanya Frida. Menurut Angkatan Laut Meksiko, Frida telah membantu menyelematkan 52 orang - 12 di antaranya masih hidup - di berbagai bencana alam yang melanda negara tersebut.

Ia punya tugas baru: membantu mendeteksi korban gempa bumi Meksiko.

Labrador Ini Selamatkan Puluhan Korban Bencana di MeksikoTwitter

Akun Twitter Angkatan Laut Meksiko mengunggah foto-foto Frida ketika tengah beraksi di antara reruntuhan bangunan-bangunan. Karena inilah Frida kemudian menjadi sangat terkenal dan memiliki banyak pengagum. Warganet menjadikannya salah satu simbol harapan dan kepahlawanan.

Labrador Ini Selamatkan Puluhan Korban Bencana di MeksikoTwitter

Dikutip dari LA Times, labrador berusia tujuh tahun itu kini bergabung bersama pasukan penyelamat dari Angkatan Laut Meksiko untuk menemukan sebanyak mungkin korban selamat dari gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter yang telah membunuh lebih 270 orang.

Salah satu penyelamatan yang dibantu oleh Frida adalah ketika pada Selasa lalu ia menemukan 11 anak-anak yang selamat dari reruntuhan bangunan sebuah sekolah. Ia juga menemukan 25 orang, termasuk 19 anak-anak, tapi sayangnya mereka meninggal dunia.

Baca juga: Anggota Baru Unit K-9 Ini Sangat Menggemaskan!

Frida tak sendirian. Masih ada dua anjing lain yang turut membantu penyelamatan.

Labrador Ini Selamatkan Puluhan Korban Bencana di MeksikoTwitter

Frida memang menjadi idola baru di internet. Ia mengalahkan dua rekannya yang bernama Evil dan Echo. Namun, keduanya tak kalah sigap dalam membantu pencarian dan penyelamatan korban. Mengingat usia Frida yang sudah terbilang tua, sedangkan Evil dan Echo masih berusia 1,5 tahun, maka keduanya yang sering masuk ke reruntuhan bangunan terlebih dahulu.

Setelah Evil dan Echo, baru Frida mengikuti di belakang. Ia membutuhkan waktu lebih dari 20 menit untuk mendeteksi adanya tubuh manusia. Menurut penjaga anjing-anjing ini, mereka akan menggonggong jika menemukan tanda-tanda kehidupan.

Kemampuan anjing-anjing ini membutuhkan latihan yang dimulai sejak mereka masih berumur dua bulan. Dari latihan itu akan bisa ditentukan anjing mana yang ditugaskan untuk mengikuti misi pemberantasan narkoba, penjinak bom, atau penyelamatan korban bencana.

Semoga Evil dan Echo mengikuti jejak Frida dan bisa menyelamatkan sebanyak mungkin orang ketika tragedi terjadi.

Baca juga: Diduga Terkena Limbah Pabrik, Anjing Ini Berubah Biru

Topik:

Berita Terkini Lainnya