Kopassus Pamer Bunuh Ular dan Minum Darahnya di Depan Menhan AS

AS punya Alutsista canggih, Indonesia punya debus dong!

Jakarta, IDN Times - Kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Jim Mattis, dijadikan momentum oleh pemerintah untuk menguatkan hubungan antar dua negara. Kementerian Pertahanan Indonesia, melalui Kopassus, berusaha untuk membuat Mattis terkesan dengan pamer kemampuan.

1. Kopassus memperlihatkan mereka mampu membunuh ular dengan gigi dan meminum darahnya

Kopassus Pamer Bunuh Ular dan Minum Darahnya di Depan Menhan ASANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Seperti dilaporkan Channel News Asia, Mattis disuguhi atraksi kemampuan anggota Kopassus pada Selasa (23/1). Beberapa tentara dari pasukan elite Indonesia membunuh seekor ular, termasuk kobra, dengan mencabik-cabiknya menggunakan gigi.

Kemudian, mereka menuangkan darah ular-ular itu ke dalam gelas yang dibagikan ke setiap tentara sebagai simbol persaudaraan. Sementara itu, para delegasi dari Amerika Serikat terlihat hanya memandang dari kejauhan.

Baca juga: Amerika Serikat Enggan Jelaskan Penolakan Gatot Nurmantyo

2. Tentara lainnya berjalan di atas pecahan kaca dan menghancurkan batu bata dengan pukulan

Kopassus Pamer Bunuh Ular dan Minum Darahnya di Depan Menhan ASANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selain kemampuan membunuh ular dengan tangan kosong dan meminum darahnya, anggota Kopassus juga unjuk kebolehan dengan melakukan atraksi debus lainnya. Dengan diiringi suara drum dan wajah mereka dikamuflase, mereka menghancurkan tumpukan kayu dan batu bata.

Mereka melakukannya dengan tendangan, pukulan tangan serta kepala. Kemudian, ada juga yang berjalan dan berguling di atas pecahan kaca tanpa terluka sedikit pun. Tentara lainnya terlihat menembakkan peluru sungguhan ke arah sebuah balon yang dipegang kawannya yang ditutup matanya.

3. Indonesia ingin agar Amerika Serikat melonggarkan aturan untuk bekerja sama dengan Kopassus

Kopassus Pamer Bunuh Ular dan Minum Darahnya di Depan Menhan ASANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Debus yang dilakukan oleh para anggota Kopassus ditujukan untuk membuat Mattis terkesan. Saat mereka menirukan tema Mission Impossible dengan menggunakan anjing untuk menangkap teroris—dan berhasil—Mattis tampak kagum.

Misi untuk membuat Mattis menyukai militer Indonesia dirasa penting oleh pihak kementerian pertahanan. Sebabnya selama ini Kopassus dilarang untuk masuk ke Amerika Serikat, apalagi berlatih dengan militer Negeri Paman Sam.

Pelarangan itu dilatarbelakangi oleh reputasi Kopassus sebagai pasukan brutal yang ikut berada di balik pelanggaran HAM Indonesia sepanjang tahun 1990-an, salah satunya terhadap warga Timor Timur. Mattis pun berkata bahwa kelonggaran mungkin terjadi, tapi ia tak merinci seperti apa dan kapan akan dilakukan.

Dilansir dari Reuters, menteri pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengaku sangat berharap bahwa pelarangan terhap Kopassus bisa dihapus. "Untuk beberapa waktu ada sanksi terhadap Kopassus... (Mattis) akan menyudahinya," kata Ryacudu usai bertemu Mattis.

Baca juga: Serbu Pangkalan, Ratusan Domba Ini Bikin Militer AS Pusing

Topik:

Berita Terkini Lainnya