Kim Jong-un dan Moon Jae-in Sepakat Denuklirisasi Semenanjung Korea

"Takkan lagi ada perang di Semenanjung Korea dan sebuah era baru perdamaian telah dimulai."

Seoul, IDN Times - Setelah melakukan dialog bilateral dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Korea di Rumah Perdamaian, Panmunjom, pada Jumat (27/4), Kim Jong-un dan Moon Jae-in menandatangani sebuah deklarasi bersama.

1. Keduanya menandatangani kesepakatan damai

Kim Jong-un dan Moon Jae-in Sepakat Denuklirisasi Semenanjung KoreaANTARA FOTO/Korea Summit Press Pool/Pool via REUTERS

Di depan sejumlah jurnalis yang diizinkan meliput langsung di Rumah Perdamaian, Kim dan Moon sepakat untuk segera menandatangani sebuah kesepakatan damai untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea pada 2018 ini. 

Deklarasi bersama yang diberi nama Deklarasi Panmunjom untuk Perdamaian, Kemakmuran dan Unifikasi di Semenanjung Korea itu ditandatangani Kim dan Moon di Zona Demiliterisasi Korea yang selama ini menjadi salah satu titik paling rawan di dunia.

Baca juga: Kim Jong-un dan Moon Jae-in Berjabat Tangan di Perbatasan Korea

2. Kim dan Moon setuju denuklirisasi Semenanjung Korea, tapi tanpa detil yang jelas

Kim Jong-un dan Moon Jae-in Sepakat Denuklirisasi Semenanjung KoreaANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Usai melakukan penandatanganan, Moon dan Kim secara bergantian memberikan pernyataan bersama. Moon menegaskan bahwa ia siap berkunjung ke Korea Utara dalam beberapa waktu mendatang. Kim sendiri mengatakan,"Kami berharap takkan mengulangi kesalahan di masa lalu."

Dalam deklarasi itu disebutkan bahwa "Korea Utara dan Korea Selatan mengonfirmasi tujuan bersama untuk mewujudkan sebuah Semenanjung Korea yang bebas nuklir". Kemudian, di bagian lain juga disebutkan bahwa,"Kedua pemimpin mendeklarasikan bahwa takkan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan sebuah era perdamaian baru saja dimulai."

Pertemuan resmi lanjutan akan diselenggarakan untuk membahas tentang kesepakatan damai tersebut. Menteri pertahanan dua negara pun dijadwalkan akan segera bertemu kembali untuk membicarakan "pengurangan tensi militer di Semenanjung Korea". Sedangkan Moon akan berkunjung ke Pyongyang pada musim gugur mendatang.

3. Propaganda harus segera dihentikan

Kim Jong-un dan Moon Jae-in Sepakat Denuklirisasi Semenanjung KoreaANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Persoalan lain yang ikut disinggung adalah tentang propaganda. Kedua pemimpin setuju bahwa mulai 1 Mei, propaganda dalam bentuk pengeras suara dan pamflet harus sudah ditiadakan. Untuk memperlancar komunikasi antara kedua negara, Korea Utara dan Korea Selatan akan mendirikan kantor perwakilan bersama di Kaesong.

Baca juga: Pertemuan Kim Jong-un & Moon Jae-in Hiasi Trending Topic di Korea

Topik:

Berita Terkini Lainnya