Kampanyekan Anti-Bullying, Melania Trump Diduga Plagiat

Lagi?

Washington DC, IDN Times - Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump, kembali diterpa dugaan melakukan plagiarisme. Melania sedang mengampanyekan program anti-bullying pada Senin (7/4). Namun, warganet menilai booklet yang diunggah di situs resmi Gedung Putih memiliki kemiripan dengan yang pernah ada pada era pemerintahan Barack Obama.

1. Booklet yang mirip itu dirilis oleh Komisi Perdagangan Federal (FTC)

Kampanyekan Anti-Bullying, Melania Trump Diduga PlagiatWhite House

 

Seorang warganet dengan nama akun @rudepundit mengunggah dua halaman booklet yang dipublikasikan di situs Gedung Putih. Ia menyebut booklet yang diluncurkan Melania dan FTC benar-benar sama dengan milik lembaga itu saat Obama masih menjabat.

Booklet dengan kata pengantar, foto serta tanda tangan Melania itu berisi tentang inisiatif anti-bullying dengan judul 'Talking with Kids about Being Online'. Sementara booklet yang satunya, terbit pada 2014, mempunyai judul 'Net Cetera – Chatting with Kids About Being Online'.

Baca juga: Terungkap: Sosok di Balik Pidato Plagiarisme Melania Trump

2. Gedung Putih memberikan respons

Kampanyekan Anti-Bullying, Melania Trump Diduga PlagiatWhite House

Booklet dengan format PDF yang diduga plagiat dari publikasi sebelumnya itu bisa diakses dari situs Gedung Putih yang kemudian mengarahkan pengunjung ke tautan khusus. Maka, setelah menjadi perdebatan di internet, pihak Gedung Putih pun langsung mengeluarkan tanggapan.

Mereka mengubah keterangan pada booklet dengan menuliskan bahwa itu adalah "milik Komisi Perdagangan Federal (FTC) yang dipromosikan oleh Ibu Negara Melania Trump". Gedung Putih mengaku perubahan itu ditujukan agar masyarakat tidak bingung.

3. Melania pernah diduga plagiat pada 2016

Kampanyekan Anti-Bullying, Melania Trump Diduga PlagiatWhite House

Publik tentu sulit melupakan insiden Juli 2016 lalu ketika Melania Trump memberikan dukungan kepada suaminya pada Konvensi Nasional Partai Republik. Pidato yang disampaikan mantan model tersebut sangat mirip, kata per kata, dengan yang pernah diucapkan oleh Michelle Obama pada Konvensi Partai Demokrat tahun 2008.

Baca juga: Temani Suami, Melania Trump Pakai Mantel Rp 684 Juta

Topik:

Berita Terkini Lainnya