Survei: Jumlah Anak Muda yang Memilih Menjomblo Makin Banyak

Mungkinkah karena persoalan finansial?

Ada peningkatan persentase anak muda di bawah usia 35 tahun yang hidup sendiri tanpa pasangan di Amerika Serikat. Dalam 10 tahun terakhir misalnya, jumlahnya naik dari 56 menjadi 61 persen. 

Sebanyak 58 persen dari mereka mengaku tak pernah menikah. Adapun 35 adalah persen merupakan korban perceraian. Sedangkan sisanya berpisah atau menikah tanpa tinggal seatap dengan pasangan.

Mayoritas pengangguran hidup tanpa pasangan.

Survei: Jumlah Anak Muda yang Memilih Menjomblo Makin BanyakValentin Antonini via Unsplash

Berdasarkan survei Pew Research, fenomena ini dipengaruhi oleh dua tren demografis. Ada penurunan jumlah orang dewasa yang menikah. Namun, terjadi peningkatan prosentase anak muda yang tinggal bersama kekasih mereka.

Meski begitu, peningkatan tersebut tak sebesar penurunan angka perkawinan. Alhasil, total anak muda yang "tak berpasangan" tetap naik.  

Bertambah banyaknya lansia Amerika Serikat juga berpengaruh. Mayoritas warga berusia 55 tahun ke atas menikah atau memiliki pasangan dibandingkan anak-anak muda.

Sementara itu, perceraian diperkirakan tak berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah orang tak berpasangan. Menariknya, di antara anak muda yang tak berpasangan, lebih dari separuh adalah pengangguran (51 persen) dibandingkan mereka yang memiliki pekerjaan (38 persen). Angka itu meningkat dalam 10 tahun terakhir.

Baca juga: Survei: 50 Persen Wanita Karir Alami Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Walau tanpa pasangan, mereka jadi tulang punggung keluarga.

Survei: Jumlah Anak Muda yang Memilih Menjomblo Makin BanyakDanielle Macinnes via Unsplash

Temuan tersebut tak berarti bahwa kurangnya lapangan pekerjaan menyebabkan orang tak memiliki pasangan. Pasalnya, ada 56 persen dari anak muda itu yang justru jadi tulang punggung keluarga.

Lalu, meski ada 35 persen yang benar-benar tinggal sendiri, ada juga 22 persen yang tinggal bersama orang lain (misalnya sebagai orangtua tunggal), dan ada 28 persen yang hidup seatap dengan orangtua atau kakek. 

Baca juga: Survei: Perempuan Dinilai "Bossy" Jika Minta Naik Gaji

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya