Jadi Kontroversi, YouTube "Hukum" Logan Paul

Logan Paul dikritik usai mengunggah video sedang di "Hutan Bunuh Diri" Jepang

California, IDN Times - YouTube memutuskan untuk memberikan "hukuman" kepada Logan Paul usai ia menjadi kontroversi. YouTuber dengan jutaan subscribers tersebut mengunggah video yang memperlihat sesosok mayat yang baru bunuh diri di hutan Aokigahara, Jepang.

1. YouTube menghapus channel Paul dari fitur Google Preferred

Jadi Kontroversi, YouTube Hukum Logan PaulAFP/Mark Ralston

Seperti dilaporkan CNN, YouTube menyatakan bahwa pihaknya memutuskan untuk menghapus channel Logan Paul dari Google Preffered. Fitur tersebut biasanya digunakan oleh YouTube untuk mempromosikan channel dengan performa tinggi agar pengiklan bisa langsung beriklan di YouTuber pilihan mereka.

Baca Juga: YouTuber Dikecam Usai Upload Video Korban Bunuh Diri di Hutan

2. Logan juga tak lagi tampil dalam web series milik YouTube

Jadi Kontroversi, YouTube Hukum Logan PaulAFP/Frederic J. Brown

Selain dihapus dari Google Preferred, YouTube juga memutuskan Paul tak lagi tampil dalam sebuah web series berjudul Foursome. Web series tersebut ditayangkan di YouTube Red yang merupakan layanan premium berbayar. "Hukuman" berikutnya adalah film produksi YouTube berjudul "The Thinning: New World Order" ditunda untuk sementara waktu. Awalnya, Paul dijadwalkan tampil dalam film tersebut.

Sebelumnya, YouTube menjadi sasaran kritik warganet karena dianggap tidak menjatuhkan sanksi berat kepada Paul meski videonya tidak tepat untuk ditayangkan. Namun, YouTube mengaku tengah mencoba memperbaiki kesalahan tersebut.

Melalui Twitter, pihak YouTube menyatakan, "Butuh waktu lama bagi kami untuk merespons, tapi kami mendengarkan semua yang kalian katakan. Kami tahu bahwa aksi satu kreator bisa mempengaruhi keseluruhan komunitas, jadi kami akan berbagi lebih banyak tentang langkah yang kami ambil untuk memastikan sebuah video seperti ini tak tersirkulasi lagi."

3. Paul Logan mengaku bermaksud meningkatkan kesadaran tentang bunuh diri

Jadi Kontroversi, YouTube Hukum Logan PaulAFP/Frederic J. Brown

Video Paul menjadi kontroversi pada awal Januari lalu. Setelah menerima berbagai kritikan, ia memutuskan untuk mengunggah pernyataan di Twitter. "Aku tak melakukannya untuk mendapatkan penonton. Aku mendapatkan penonton. Aku melakukannya karena aku pikir aku bisa memberikan dampak positif di internet, bukan menyebabkan badai negatif," tulisnya.

Ia mengaku hanya ingin meningkatkan kesadaran tentang bunuh diri dan pencegahan bunuh diri. Menurutnya, niatnya itu jadi tertutupi ketika ia salah langkah karena rasa terkejut dan tidak percaya seperti yang tampak di video. 

Baca juga: Mengenal Aokigahara, "Hutan Bunuh Diri" di Jepang

Topik:

Berita Terkini Lainnya