Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The Pooh

Sempat jadi meme yang menyinggung presiden.

Bagi mayoritas orang, Winnie The Pooh pasti dianggap sebagai sosok yang lucu dan bersahabat. Namun, tidak demikian bila yang ditanya adalah pemerintah Tiongkok. Pasalnya, baru-baru ini tokoh kartun asal Inggris tersebut dianggap menyinggung pemerintah.

Salah satu targetnya adalah Presiden Xi Jinping.

Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The PoohAFP/Weibo via BBC

Netizen punya sifat kreatif yang memiliki alat untuk merespon setiap situasi. Salah satunya adalah meme yang bisa dipakai untuk merepresentasikan sesuatu yang menggelitik. Lalu, ada Winnie The Pooh yang menjadi senjata para netizen di Tiongkok untuk membuat lelucon tentang Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sejumlah netizen melihat ada kesamaan antara Xi dengan Winnie The Pooh. Contohnya ketika ia bersalaman dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Netizen menyandingkan foto keduanya dengan gambar Winnie The Pooh yang tengah melakukan hal serupa dengan keledai bernama Eeyore.

Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The PoohWeibo/AFP via BBC

Sebelumnya, meme Winnie The Pooh juga digunakan untuk menggambarkan pertemuan antara Xi dengan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Ketika disandingkan, pose mereka memang sangat mirip.

Kemudian tak ketinggalan saat Xi sedang melakukan inspeksi pasukan militer. Ia berdiri di mobil beratap terbuka. Netizen pun menyamakan Xi dengan Winnie yang tengah mengendarai sebuah mobil.

Baca Juga: Jokowi Naik Motor Memicu Netizen Ciptakan 15 Meme Kocak Ini!

Presiden tak suka dijadikan lelucon oleh masyarakat.

Jadi Bahan Meme, Pemerintah Tiongkok Blokir Winnie The PoohREUTERS

Meme adalah sebuah fenomena masa kini yang sangat tak terbendung. Hampir setiap momen selalu bisa dibuat meme, tak terkecuali ketika pemerintah membuat sebuah aturan. Xi sendiri disebut sangat tersinggung ketika netizen menyamakannya dengan sosok Winnie The Pooh yang tambun.

Menurut kabar yang beredar, pemblokiran terhadap Winnie The Pooh adalah upaya untuk membungkam siapapun yang berusaha mengolok-olok pemimpin negara. Pasalnya, Presiden Tiongkok selalu ingin dicitrakan sebagai individu yang serius, tak punya selera humor dan tak pernah melakukan kesalahan, sehingga meme dianggap kontra-produktif.

Baca Juga: 11 Meme Program OKE OCE Ini Ikut Ramaikan Debat Pilkada

Topik:

Berita Terkini Lainnya