Inilah Sosok David Bond, Youtuber yang Jadi Turis Seks

Vlog terakhirnya menunjukkan ia sedang berada di Jakarta

"Jika aku bercumbu dengan seorang perempuan di sini, barangkali aku akan dibunuh oleh ISIS. Aku akan dibunuh, dan dia juga, seperti dipanggang atau apalah," kata seorang laki-laki asing bernama Josh/Yoshi dalam sebuah video yang diambil di sebuah lokasi di Jakarta.

Pemilik akun yang mengunggah video itu adalah David Bond. Namanya kini tengah viral karena video-videonya yang tanpa malu memamerkan aksi-aksinya untuk menggoda, mengajak tidur, bahkan melecehkan perempuan di sejumlah negara. Vlog terakhirnya menunjukkan ia tengah berada di Jakarta.

Bond adalah turis seks yang berkeliling Asia.

Inilah Sosok David Bond, Youtuber yang Jadi Turis SeksYoutube

"Pada dasarnya, perempuan-perempuan Barat atau Amerika berpakaian seperti pelaku seks komersial," kata Bond dalam videonya tersebut. Dia membandingkan perempuan Amerika dengan perempuan Indonesia. Ia nampak tengah bersama dua orang perempuan lokal di dalam taksi menuju area kota tua Jakarta.

Di video lain yang ia beri judul Pickup Girl in Thailand Taking A Model Home in 90 Minutes, Bond yang nama aslinya masih diragukan (ada yang menyebut Steven Mapel, ada juga yang menyebut David Campbell), memamerkan cara merayu perempuan yang ia temui di mall dengan memuji kecantikannya.

Di akhir video, Bond mempertontonkan bahwa ia berhasil membawa perempuan tersebut ke kamar hotelnya. Hampir semua vlog yang diunggahnya memiliki tema yang sama. Ia berhasil menarik ratusan ribu views untuk setiap video yang memamerkan sifat misoginisnya itu. Maka, pada dasarnya, Bond berhasil mendapatkan uang dari video-video tersebut.

Tak semua orang sepakat dengan apa yang dilakukannya. Sebuah petisi di situs change.org muncul dan menuntut Wordpress untuk menutup akunnya. Petisi itu sudah dihentikan sebelum berhasil mencapai target.

Berdasarkan petisi itu, Bond dideskripsikan sebagai "seorang laki-laki berkewarganegaraan Amerika Serikat dari California, mengaku sebagai 'seniman rayuan', dan peniru Julien Blanc, yang bepergian ke Asia untuk melecehkan dan mengeksploitasi perempuan secara seksual."

Baca juga: [INFOGRAFIS] Pelecehan Online, Sisi Gelap Perkembangan Internet

Bond adalah mantan pegawai di industri informasi dan teknologi.

Inilah Sosok David Bond, Youtuber yang Jadi Turis SeksNextShark

Bond menyebut dirinya sendiri sebagai "laki-laki paling dibenci di dunia". Namun, ia justru menyukai sentimen negatif terhadapnya. Dalam sebuah wawancara dengan NextShark, Bond mengaku ia tak terganggu sama sekali.

"Salah satu persoalan tentang media adalah orang-orang berpikir bahwa jika sesuatu diberitakan, seluruh dunia melihatnya. Bahkan jika aku dapat satu juta views, satu juta adalah satu dari triliunan manusia - tak ada kekacauan sama sekali. Satu-satunya saat aku merasa sakit adalah ketika ada perempuan di OkCupid yang mencari namaku di Google dan berhenti berbicara padaku, tapi dia bukan perempuan spesial," katanya.

Dari wawancara tersebut juga diketahui bagaimana Bond memulai aksinya di berbagai negara dengan menjadi turis seks. Saat itu adalah tahun 2013 ketika ia keluar dari pekerjaannya di industri informasi dan teknologi di rumah sakit.

"Aku dulu gendut, suka video game, dan bekerja dengan gaji Rp 250 ribu per jam sebagai teknisi komputer. Rencanaku saat itu adalah menikahi pacarku yang telah kupacari selama lima tahun, beli rumah besar, dan membeli banyak barang. Aku selalu ingin bepergian, tapi aku diberitahu bahwa itu sangat mahal jadi aku berpikir aku akan melakukannya suatu hari," ucapnya.

Bond kemudian menyadari bahwa ia tak ingin menikah dulu karena terbelit hutang dan tetap ingin pergi ke Jepang. Ia mengaku belum pernah naik pesawat sebelumnya. Dalam sebulan, ia putus dengan pacarnya dan mulai bertransformasi.

Setelah mendapatkan rasa percaya diri dan sejumlah uang, ia memutuskan bepergian ke negara lain. Salah satu faktor pendorongnya, menurut Bond, adalah karena perempuan di tempatnya tinggal "jelek, hamil dan berkulit putih". Bond berkata ia "menyukai cewek-cewek Asia".

Bond tak menganggap ada yang salah dengan perbuatannya.

Inilah Sosok David Bond, Youtuber yang Jadi Turis SeksYoutube

Ketika dituding melakukan pelecehan dan eksploitasi perempuan, Bond membela diri dengan berkata bahwa tak ada kameranya yang tersembunyi. Ia juga mengaku memberitahu perempuan-perempuan dalam videonya bahwa ia akan mengunggahnya di Youtube.

"Ada beberapa perempuan yang kurekam dan mereka tak mau videonya diunggah. Aku menghapusnya," kata Bond. Hingga kini belum ada laporan hukum dari para perempuan yang pernah ia rayu atau ajak tidur. Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono sendiri tidak mengonfirmasi dengan pasti apakah pihaknya akan menyelidiki Bond selama ia berada di Jakarta.

Baca Juga: Jadi Meme karena Bentuk Tubuh, Balasan Perempuan Ini Bikin Kagum

Topik:

Berita Terkini Lainnya