Terlihat Sempurna, Influencer Tiongkok Ini Ungkap Kehidupan Aslinya

Penghasilannya hampir mencapai Rp 500 juta per bulan.

Profesi sebagai infuencer semakin banyak diminati. Walau di media sosial selalu terlihat bersenang-senang dan hidup enak, ternyata faktanya tidak selalu demikian. Lele Tao adalah mega bintang Tiongkok yang lahir dari industri live streaming yang kian populer. Lele mengaku kepada BBC bahwa ia selalu merasa tertekan.

Ia harus tampil sempurna.

Terlihat Sempurna, Influencer Tiongkok Ini Ungkap Kehidupan AslinyaBBC

Perempuan berusia 24 tahun tersebut sudah melakoni profesi ini selama enam tahun. Selama itu pula jumlah penggemarnya pun meningkat. Ada lebih dari satu juta orang yang mengikutinya di salah satu portal live streaming ternama Tiongkok.

Ia punya tugas untuk menghibur para penggemar yang mendatangkan penghasilan mencapai Rp 500 juta per bulan. Lele harus menyanyi, berbincang, menjual produk, bermain game atau aktivitas apapun yang dirancang sang manajer agar terus membuat orang tertarik menghabiskan waktu di hadapan layar komputer untuk memandanginya.

Maka, tak heran bila ada tuntutan di mana ia wajib selalu tampil sempurna. Waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mencapai itu tidak sedikit dan tidak mudah. Lele terpaksa mengejar standar kecantikan yang berlaku di Tiongkok di mana ini hampir terlihat sangat mustahil.

Baca Juga: Ternyata, Cyber-bullying Paling Banyak Terjadi di Instagram

Ia bergelut dengan rasa stress yang luar biasa.

Terlihat Sempurna, Influencer Tiongkok Ini Ungkap Kehidupan AslinyaBBC

Penghasilan sebesar itu tak menjamin Lele selalu merasa cukup dengan dirinya. Ia terus-menerus berada dalam tekanan untuk terlihat sempurna di mana ini membuatnya sangat stress. Lele mencontohkan bahwa ia tak pernah tampil tanpa riasan wajah karena takut kehilangan penggemar.

"Aku merasa tertekan karena semakin banyak perempuan cantik yang bergabung di industri ini," ujarnya. Kehilangan penggemar dinilai sebagai ketakutan terbesar bagi influencer sebab di industri ini penggemar, followers atau subscribers menjadi alat untuk mengukur pengaruh.

"Ada kompetisi di antara para live streamers dan orang-orang membandingkan kalian. Karena aku tahu ada yang lebih cantik dan lebih baik dari aku, aku harus bekerja lebih keras untuk disukai semakin banyak orang," ucapnya.

Baca Juga: 10 Gaya Pacaran sambil OOTD Para Pasangan Selebgram Ini Hits Banget!

Topik:

Berita Terkini Lainnya