"ICU Grandpa", Kakek yang Bertugas Peluk Bayi Baru Lahir

Ia sudah melakukannya selama 12 tahun!

Namanya David Deutchman, tapi ia lebih dikenal sebagai ICU Grandpa atau Kakek ICU. Pasalnya, ia biasa ditemui ketika sedang menggendong, memeluk, dan menimang-nimang bayi yang baru lahir di Rumah Sakit Anak Atlanta, Amerika Serikat.

Deutchman sudah menjadi ICU Grandpa selama 12 tahun.

ICU Grandpa, Kakek yang Bertugas Peluk Bayi Baru LahirFacebook Children's Healthcare of Atlanta

Facebook Rumah Sakit Anak Atlanta mengunggah foto ICU Grandpa pada 28 September lalu. Pihak rumah sakit memperkenalkannya kepada netizen tentang siapa dan apa tanggungjawabnya. Foto itu telah dibagikan sebanyak lebih dari 63.000 kali.

"Mereka memanggilnya ICU Grandpa. Setiap Selasa, dia mengunjungi PICU (unit pelayanan intensif untuk pasien anak) untuk menggendong bayi-bayi yang orangtuanya tak bisa bersama mereka hari itu. Setiap Kamis, ia berkeliling di ruang NICU (unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir).

Foto ini diambil oleh ibu dari bayi bernama Logan saat ia menahan tangis bahagia. Logan sudah dirawat di rumah sakit kami selama enam minggu. Setiap malam, ibunya pulang bersama dengan kakak perempuannya. Setiap pagi, dia datang lagi ke Scottish Rite (lokasi rumah sakit) merasa "khawatir karena dia merindukan ibunya".

Pada pagi khusus ini, dia berjalan masuk ke PICU untuk menemukan Logan - bayi prematur yang lahir saat usia kandungan 25 minggu - di pelukan David yang tersenyum dan mengenalkan dirinya sebagai ICU Grandpa. Foto ini menangkap satu momen berharga bersama dengan seorang legenda sukarelawan rumah sakit yang sudah menggendong pasien, dan memegang tangan orangtua mereka, selama 12 tahun."

Baca Juga: Di Tengah Sesi Foto, Pengantin Ini Selamatkan Anak Tenggelam

ICU Grandpa sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan.

ICU Grandpa, Kakek yang Bertugas Peluk Bayi Baru LahirFacebook Children's Healthcare of Atlanta

Cerita Deutchman sangat unik. Ia sebelumnya berkarir sebagai marketing executive di sebuah perusahaan internasional. Usai pensiun pada 2000, ia menjadi dosen tamu di sebuah universitas di Atlanta.

Namun, ia masih punya cukup banyak waktu luang. Dikutip dari CNN, ketika ia baru selesai berobat cedera kaki, Deutchman berhenti di di rumah sakit tersebut. "Aku memutuskan untuk masuk, bertanya-tanya apakah mereka ada lowongan sukarelawan. Mereka punya, dan mereka bahagia untuk mengajakku bergabung," ujarnya.

Awalnya ia bekerja di sekolah untuk pasien yang sudah lama dirawat di rumah sakit tersebut. Ia kemudian dipindah ke PICU dan NICU. Bagi Deutchman, menjadi sukarelawan di sana ada suka dan duka tersendiri.

"Kadang aku terkena muntahan, aku juga terkena pipis. Luar biasa," kata Deutchman. Beberapa temannya mempertanyakan keputusannya itu. "Mereka tak memahami, hadiah apa yang bisa kamu dapat dari menggendong bayi seperti ini," tambahnya.

Baca Juga: Usai Rayakan Ultah Pernikahan ke-75, Pasangan Ini Meninggal

Topik:

Berita Terkini Lainnya