Gara-gara Hoodie Ini, H&M Dianggap Rasis

Mereka akhirnya menarik produk tersebut

Stockholm, IDN Times - Perusahaan ritel asal Swedia, H&M, meminta maaf setelah iklan di situsnya menimbulkan kontroversi. Dalam iklan tersebut seorang anak berkulit hitam terlihat memakai sebuah hoodie berwarna hijau dengan tulisan "Coolest Monkey in the Jungle" atau "Monyet Terkeren di Hutan".

1. H&M menghapus iklan dan menarik produk itu di seluruh dunia

Gara-gara Hoodie Ini, H&M Dianggap RasisH&M via AP

Iklan tersebut pertama kali muncul di situs resmi H&M di Inggris. Tak diketahui sudah berapa lama foto itu terpasang di sana. Begitu mendatangkan kritik di media sosial pada minggu ini, pihak H&M langsung mengeluarkan permintaan maaf dan berjanji akan melakukan investigasi.

"Kami memahami bahwa banyak orang yang kecewa terhadap foto itu. Kami, yang bekerja di H&M, menyetujuinya. Kami sangat meminta maaf dan kami juga menyesal atas adanya gambar itu. Oleh karena itu, kami tak hanya menghapus foto itu dari situs-situs kami, tapi juga kain dari toko produk kami secara global," tulis H&M kepada The Washington Post.

Baca juga: Iklan Dove Dihujat, Sang Model Angkat Bicara

2. Warganet menyebut H&M tidak sensitif dan rasis

Gara-gara Hoodie Ini, H&M Dianggap RasisTwitter.com/big_deen

Salah seorang warganet mengunggah dua foto yang menampilkan satu anak berkulit putih dan satu lagi berkulit hitam dari iklan bermasalah itu.

Ia menuliskan:"Jadi si anak berkulit hitam memakai sweater H&M dengan tulisan "Monyet terkeren di hutan" dan si anak berkulit putih bertuliskan "Pakar Pertahanan Diri". Ini lebih dari menjijikkan. Ini adalah proyeksi dari pemikiran neo-kolonialmu. Kamu takkan melihatku dekat tokomu dalam beberapa hari ke depan @hm."

Gara-gara Hoodie Ini, H&M Dianggap RasisInstagram.com/kingjames

Bintang NBA dari Cleveland Cavaliers, LeBron James, juga ikut menyuarakan protesnya kepada salah satu perusahaan ritel terbesar di dunia itu. Melalui akun Instagram pribadinya, pemain berjuluk King James tersebut mengunggah foto si anak laki-laki berkulit hitam yang sudah diubah.

James menyebut si anak adalah "Raja Muda" yang memiliki "kekuatan tak tertandingi". "Kami sebagai orang keturunan Afrika-Amerika harus selalu menabrak batasan, buktikan orang lain keliru dan bekerja lebih keras untuk membuktikan kami layak, tapi coba tebak, itulah yang kami cintai karena keuntungan di akhir perjalanan sangat indah!!" tulisnya.

3. The Weeknd memutus kerja sama dengan H&M

Gara-gara Hoodie Ini, H&M Dianggap RasisAFP/Geoffroy van der Hasselt

Setelah iklan itu menjadi perbincangan di media sosial, penyanyi asal Kanada, The Weeknd, mengunggah sebuah cuitan pada Senin (8/1) yang menyatakan bahwa ia mengakhiri kerja sama dengan H&M.

"Bangun pagi ini dengan terkejut dan malu karena foto ini. Aku sangat tersinggung dan takkan lagi bekerja dengan @hm...," tulis The Weeknd yang sempat tampil di H&M Studio dalam rangka peluncuran koleksi terbaru mereka pada 1 Maret 2017 lalu. 

Baca juga: Promosikan Kulit Putih, Iklan Nivea Ini Dituduh Rasis

Topik:

Berita Terkini Lainnya