HBO Diretas, Naskah Game of Thrones Diduga Dicuri

Beberapa episode serial TV juga jadi target.

Perusahaan hiburan Amerika Serikat HBO mengonfirmasi kabar bahwa pihaknya telah menjadi korban peretasan. Beberapa properti dilaporkan dicuri, termasuk sejumlah episode serial TV dan naskah dari serial TV termahal sepanjang sejarah, Game of Thrones.

1,5 terabyte data telah dicuri.

HBO Diretas, Naskah Game of Thrones Diduga DicuriHBO

Peretasan yang terjadi kepada HBO pertama kali dilaporkan oleh Entertainment Weekly, yang kemudian diberitakan juga oleh media lain termasuk CNN. Menurut Entertainment Weekly, pelaku peretasan mengklaim telah mencuri 1,5 terabyte data dari HBO.

Data-data tersebut adalah beberapa episode dari serial TV Ballers dan Room 104 yang belum seharusnya tayang. Mereka kemudian mengunggahnya secara online.

Naskah yang diduga merupakan episode keempat dari serial Game of Thrones juga dikabarkan telah dicuri. Pelaku berjanji akan merilis data curian berikutnya.

Baca juga: Netizen Ini Live Streaming Film "Warkop DKI Reborn" Lewat Bigo!

HBO tak menyebutkan apa saja yang dicuri.

HBO Diretas, Naskah Game of Thrones Diduga Dicuridezeen.com

Pihak HBO sendiri memang membenarkan kabar peretasan tersebut melalui sebuah pernyataan: 

"HBO baru-baru ini mengalami sebuah insiden siber yang berakibat pada pencurian informasi. Kami telah melakukan investigasi atas insiden ini dan bekerja sama dengan pihak berwajib dan firma siber sekuriti lain. Proteksi data adalah prioritas utama di HBO, dan kami menjadikan kewajiban untuk melindungi data yang kami punya dengan serius."

Meski demikian, HBO tak mengonfirmasi klaim pelaku peretasan terkait data apa saja yang sudah dicuri. CEO HBO, Richard Plepler mengirimkan email kepada para pegawainya pada Senin pagi (31/7) untuk memperingatkan adanya peretasan."Seperti yang mayoritas dari kalian ketahui saat ini, ada insiden siber yang ditujukan kepada perusahaan yang berakibat pada pencurian informasi, termasuk beberapa program kita. Peretasan apapun jelas-jelas merusak, mengkhawatirkan dan mengganggu untuk kita semua," tulis Plepler dalam emailnya.

Plepler meminta para karyawan untuk tidak khawatir terhadap kejadian ini. Dia menyebut tim teknologi HBO saat ini tengah mengupayakan agar kejadian tersebut tidak menjadi lebih buruk. Dia berjanji akan menyelesaikan masalah ini hingga tuntas.

Netfllix pernah menjadi korban.

HBO Diretas, Naskah Game of Thrones Diduga DicuriNetflix

Pada awal tahun 2017, seorang pelaku peretasan membocorkan musim kelima dari serial TV milik Netflix yang berjudul Orange is the New Black. Ia mencuri beberapa salinan dari program tersebut melalui perusahaan produksi yang merupakan pihak ketiga.

 

Baca juga: Hindari Pembajakan, Box Set DVD Edisi Spesial AADC 2 Hadir untuk Fans!

Topik:

Berita Terkini Lainnya