Gara-gara Video Pisang, Penyanyi Ini Dipenjara 2 Tahun

Pisang bikin nafsu?

Kairo, IDN Times - Penyanyi Mesir bernama Shaimaa Ahmed dilaporkan dipenjara selama dua tahun usai tampil dalam sebuah musik video yang dianggap vulgar di negara konservatif itu. Perempuan berusia 25 tahun tersebut terlihat mengenakan pakaian dalam dan makan sebuah pisang yang dipandang terlalu provokatif.

Sebelum ditahan, Shyma sempat meminta maaf.

Gara-gara Video Pisang, Penyanyi Ini Dipenjara 2 TahunShyma via BBC

Dikutip dari BBC, Shaimaa yang lebih populer sebagai Shyma ditahan pada bulan lalu. Video musiknya yang berjudul I Have Issues menjadi topik perdebatan publik di mana kalangan konservatif mengecam dirinya.

Pada Selasa lalu, ia dinyatakan terbukti bersalah telah mendorong kenikmatan seksual dan mempublikasikan film yang tak layak. Shyma sebenarnya meminta maaf sebelumnya karena telah membuat banyak warga di negaranya marah karena video tersebut.

Melalui akun Facebook pribadinya yang sudah dihapus, Shyma menulis: "Aku tak membayangkan semua ini akan terjadi dan bahwa aku menjadi sasaran serangan yang begitu kuat dari semua orang." Selain Shyma, sutradara video itu juga dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun.

Baca Juga: Perempuan Mesir Dipenjara Usai Diskusikan Hamil di Luar Nikah

Shyma bukan perempuan pertama yang mengalaminya.

Gara-gara Video Pisang, Penyanyi Ini Dipenjara 2 TahunLes Anderson via Unsplash

Tiga penari perempuan Mesir juga sempat dihukum penjara selama enam bulan dengan tuduhan yang sama pada tahun 2016. Kemudian, ada seorang penyanyi bernama Sherine Abdel Wahab yang tengah menghadapi persidangan atas tuduhan "menyebarkan publisitas yang provokatif".

Penyebabnya adalah ia terekam oleh kamera video sedang berkata bahwa minum air dari Sungai Nil bisa menyebabkan penyakit schistosomiasis yang timbul dari ulat parasit di sana. Pada Senin (11/12), Sindikat Musisi Mesir mengumumkan mereka memutuskan untuk melarang Abdel Wahab tampil di konser apapun di negara itu selama dua bulan.

Baca juga: Atasi Terorisme, Mesir Berencana Perketat Media Sosial

Topik:

Berita Terkini Lainnya