Gara-gara Sebuah Tweet, Model Berhijab Mundur dari Iklan L'Oreal

Ia diduga pernah menulis cuitan anti-Israel yang kini jadi kontroversi.

Paris, IDN Times - Amena Khan, beauty blogger asal Inggris, sempat menjadi perbincangan karena menjadi model iklan perawatan rambut dari merek ternama Prancis, L'Oreal. Iklan tersebut dipublikasikan pada minggu lalu dan langsung mendapat tanggapan positif. Kini, ia memutuskan untuk mundur sebagai model L'Oreal.

1. Cuitan Khan pada 2014 menjadi penyebabnya

Gara-gara Sebuah Tweet, Model Berhijab Mundur dari Iklan L'OrealInstagram.com/amenaofficial

Khan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai model iklan L'Oreal melalui Instagram pada Senin (21/1). Ia mengunggah sebuah catatan untuk memberitahu alasan mengapa keputusan itu harus diambil. Dikutip dari CNN, cuitan yang dimaksud diduga berisi sentimen "anti-Israel".

"Aku sangat menyesali isi dari cuitan yang aku buat pada 2014, dan dengan tulus meminta maaf untuk kekecewaan dan sakit hati yang sudah disebabkan oleh cuitan-cuitan itu. Menjunjung tinggi keberagaman adalah salah satu keinginan terbesarku, aku tak mendiskriminasi siapapun.

Aku telah memilih untuk menghapus cuitan-cuitan itu karena tak mewakili pesan harmoni yang aku yakini. Baru-baru ini aku terlibat dalam sebuah kampanye, yang membuatku semangat karena ada perayaan inklusivitas.

Dengan penyesalan teramat dalam, aku memutuskan untuk mengundurkan diri dari kampanye itu karena perbincangan yang akhir-akhir ini terjadi menjauhkan dari sentimen positif dan inklusif yang ingin disampaikan."

2. Pihak L'Oreal memahami keputusan Khan

Gara-gara Sebuah Tweet, Model Berhijab Mundur dari Iklan L'OrealInstagram.com/amenaofficial

Juru bicara L'Oreal mengatakan kepada CNN bahwa pihaknya sepakat bahwa langkah yang diambil Khan sudah tepat. "Kami menyadari serangkaian cuitan yang diunggah pada 2014 oleh Amena Khan, orang yang tampil dalam kampanye iklan kami di Inggris," ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi permintaa  maaf tersebut. "Kami berkomitmen terhadap toleransi dan penghargaan kepada semua orang," katanya. 

3. Khan dan L'Oreal sempat menerima banyak pujian

Gara-gara Sebuah Tweet, Model Berhijab Mundur dari Iklan L'OrealInstagram.com/amenaofficial

Sebelum persoalan cuitan tersebut mencuat ke permukaan, tampilnya Khan dalam iklan L'Oreal dianggap sebagai sesuatu yang progresif. Ia dinilai mampu memberi semangat kepada para perempuan, terutama yang berhijab. "Tak masalah apakah rambutmu terlihat atau tidak, itu tak berpengaruh terhadap seberapa baik kamu harus merawatnya," kata Khan dalam iklan itu.

Baca juga: Diharuskan Berhijab, Pecatur Ini Pindah Negara

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya