Foto-foto Rahasia Hitler Akan Dilelang, Berminat?

Barang langka

Adolf Hitler adalah salah satu tokoh sejarah yang paling kontroversial. Sebagian besar mengutuknya karena, salah satunya, kebijakan anti-Yahudi yang diberlakukannya. Namun, tak sedikit juga yang mengagumi sosoknya.

Mereka mengoleksi segala barang yang berhubungan dengan Hitler. Para kolektor benda-benda bersejarah juga pastinya tak ketinggalan mengumpulkan beragam pernak-pernik berbau pemimpin Nazi Jerman tersebut. Kali ini, mereka punya target baru: sebuah album foto rahasia milik Hitler.

Album foto rahasia Hitler itu akan dilelang di Inggris.

Foto-foto Rahasia Hitler Akan Dilelang, Berminat?C&TAUCTIONS/BNPS via Telegraph

Menurut salah seorang konsultan pelelangan C&T Auctions yang bernama Tim Harper, dalam berbagai fotonya Hitler selalu terlihat kaku. Namun, Harper menyebut bahwa dalam album foto yang akan dilelang di Kent, Inggris, tersebut Hitler dipotret dalam berbagai pose yang terlihat lebih rileks. Foto-foto tersebut bersifat rahasia dan belum pernah diperlihatkan ke publik sebelumnya, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang mempelajari sejarah.

Baca Juga: Belanda dan Inggris Tuntut Indonesia Atas Hilangnya Bangkai Kapal Perang Dunia II di Laut Jawa

Menurut bocoran, ada beberapa foto di mana Hitler terlihat ceria ketika bertemu anak-anak.

Foto-foto Rahasia Hitler Akan Dilelang, Berminat?C&TAUCTIONS/BNPS via Telegraph

Harper menegaskan poin mengapa foto-foto dalam album itu sangat personal. Berdasarkan informasinya, Hitler tak akan mungkin mengizinkan foto-foto itu dipublikasikan sebab dikhawatirkan akan merusak citranya sebagai seorang pemimpin Nazi yang kaku. "Hitler terlihat lebih rileks, natural, beberapa fotonya juga menyenangkan dan pastinya tak akan diizinkan (oleh Hitler) untuk dipublikasikan. Foto-foto itu sangat menunjukkan (sisi lain Hitler)," ujar Harper.

Harper membocorkan bahwa di sejumlah foto Hitler terlihat tersenyum bahagia saat melintas di depan anak-anak yang menyambutnya. Di foto-foto tersebut, padahal Hitler ditemani oleh petinggi Nazi lainnya seperti Joseph Goebbels dan Heinrich Himmler. "Foto-foto itu pasti diambil oleh orang yang punya izin untuk berada sedekat itu dengan Fuehrer dan lingkaran terdalamnya," duga Harper.

Album foto tersebut dilelang dengan harga Rp 245 juta.

Foto-foto Rahasia Hitler Akan Dilelang, Berminat?C&TAUCTIONS/BNPS via Telegraph

Album foto rahasia tersebut ditemukan pada April 1945 di kamar tidur Eva Braun, pasangan Hitler. Penemunya adalah dua pria Inggris. Keduanya adalah Edward Dean, seorang fotografer, dan Richard Debleby, seorang penyiar, yang masuk ke tempat persembunyian Hitler.

Seorang tentara Rusia yang mengantarkan keduanya berkeliling ke lokasi itu dan menunjukkan di mana kamar tidur Braun. C&T Auctions menyebut album foto itu dilelang seharga Rp 245 ribu, bahkan lebih, mengingat betapa personalnya semua foto yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Kafe Bertema Nazi di Indonesia Akhirnya Tutup

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya