Disediakan Gratis untuk Kebersihan, Tisu Toilet di Tiongkok Malah Dicuri

Hadeh...

Persoalan utama dari toilet umum adalah kebersihan. Masalah ini juga terjadi di Tiongkok. Sang Presiden, Xi Jinping, bahkan harus turun tangan. Dia memerintahkan kota-kota di seluruh Tiongkok untuk memperbaiki kualitas toilet umum mereka dalam jangka waktu tiga tahun agar sesuai dengan standar kebersihan.

Salah satu sasaran utama adalah toilet di kawasan yang menjadi destinasi wisata para turis. Program tersebut diluncurkan karena Tiongkok mendapat banyak protes terkait kebersihan toilet umum yang kemudian mengancam reputasi negara secara keseluruhan di mata wisatawan.

Sayangnya, reputasi itu harus tercoreng setelah 1.500 gulungan tisu hilang dalam seminggu.

Disediakan Gratis untuk Kebersihan, Tisu Toilet di Tiongkok Malah Dicurishanghaiist.com

Dikutip dari Shanghaiist.com, pada awal bulan April ada sebanyak 1.500 gulungan toilet yang ludes dalam seminggu dari toilet umum di Taman Rakyat Chengdu. Penyediaan tisu dan sabun gratis di toilet umum merupakan bagian dari program perbaikan yang dicanangkan Presiden Xi Jinping.

Namun, beberapa orang sepertinya bertindak curang dengan memanfaatkan program itu. Seorang petugas kebersihan mengaku melihat beberapa orang keluar dari toilet umum dengan membawa tisu-tisu toilet itu.

Baca Juga: 8 Anggapan Tentang Tiongkok dan Penduduknya Ini Ternyata Salah

Kerugian karena kejadian semacam itu diprediksi mencapai Rp 193 juta dalam setahun.

Disediakan Gratis untuk Kebersihan, Tisu Toilet di Tiongkok Malah Dicurishanghaiist.com

Manajer Taman Rakyat Chengdu sendiri memprediksi pihaknya mengalami kerugian sebanyak Rp 193 juta karena perilaku pengguna toilet itu. Ludesnya ribuan gulungan tisu toilet tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, hal serupa terjadi di sebuah kuil di Beijing. Para pengguna toilet mengambil sebanyak mungkin tisu dan dimasukkan ke dalam kantong atau tas mereka.

Bila terus terjadi, pengelola taman mengancam untuk membatasi persediaan tisu.

Disediakan Gratis untuk Kebersihan, Tisu Toilet di Tiongkok Malah Dicurishanghaiist.com

Tak ada jaminan bahwa pencurian tisu toilet itu tak akan terulang kembali. Oleh karena itu, manajer taman mengancam akan membatasi persediaan tisu untuk pengguna toilet di lokasi tersebut. Caranya adalah dengan memberikan tisu kepada mereka sebelum masuk ke dalam toilet.

Baca Juga: TFBoys, Boyband Populer Tiongkok yang Jadi Penerus Komunisme

Topik:

Berita Terkini Lainnya