Dicemooh CEO Apple, Ini Balasan Mark Zuckerberg

Banyak juga yang memusuhi Zuckerberg...

San Francisco, IDN Times - Setelah Elon Musk menyindir Facebook, giliran petinggi industri teknologi Amerika Serikat lainnya yang mengarahkan cemoohan kepada Mark Zuckerberg. Dalam wawancara dengan Recode, Tim Cook yang merupakan CEO Apple mengatakan bahwa jika ia berada di posisi Zuckerberg, ia takkan mungkin berada di situasi seperti saat ini.

1. Cook menegaskan Apple takkan menjual data konsumen

Dicemooh CEO Apple, Ini Balasan Mark ZuckerbergVariety

Cook menilai Facebook harus menghentikan penyalahgunaan data personal konsumen mereka sebab itu melanggar privasi. Pengganti Steve Jobs tersebut menegaskan Apple takkan pernah melakukan hal seperti itu.

"Jujur saja, kami bisa menghasilkan banyak uang jika kami memonetisasi konsumen kami—jika konsumen kami adalah produk kami. Tapi kami memilih tak melakukannya," ucap Cook. Ketika ditanya pewawancara apa yang akan ia lakukan jika menjadi Zuckerberg, Cook menjawab,"Aku takkan berada di posisi ini."

Jawaban tersebut mengesankan bahwa Cook punya komitmen yang lebih baik dari Zuckerberg terkait perlindungan data konsumen. Cook dan Jobs pernah menyinggung kebijakan privasi Google dan Facebook sembari membandingkan dengan apa yang dilakukan oleh Apple.

Baca juga: Facebook Dianggap Mengancam Stabilitas Asia Tenggara

2. Zuckerberg menilai Cook telah mengeluarkan komentar yang keliru

Dicemooh CEO Apple, Ini Balasan Mark Zuckerbergfacebook.com/Mark Zuckerberg

Setelah mendengar cemoohan Cook, Zuckerberg pun tak terima. Ketika melakoni wawancara dengan Vox, ia membalas Cook dengan berkata bahwa CEO Apple itu telah "salah besar" dan apa yang dikatakannya "tidak sesuai kebenaran sama sekali".

Menurut Zuckerberg, Facebook masih lebih baik dari Apple sebab platform miliknya gratis—tak mahal seperti iPhone—dan bisa digunakan oleh orang-orang dari berbagai kelas dan pendapatan. Ini, menurut Zuckerberg, adalah aspek penting yang tak bisa dilupakan dari Facebook.

"Kenyataannya di sini adalah jika kamu ingin membangun sebuah layanan yang membantu menghubungkan semua orang di dunia, maka ada banyak sekali orang yang tak sanggup membayar. Dan oleh karena itu, seperti halnya dengan media, memiliki model yang didukung iklan adalah model paling rasional satu-satunya yang mampu menyokong layanan itu agar menjangkau mereka," ucapnya.

"Tapi jika kamu ingin membuat sebuah layanan yang tak hanya melayani orang kaya, maka kamu perlu sesuatu yang bisa dijangkau oleh banyak 

3. Ia mengutip komentar CEO Amazon terkait teknologi untuk sebanyak mungkin orang

Dicemooh CEO Apple, Ini Balasan Mark Zuckerberginstagram.com/facebook

Untuk menguatkan argumennya, Zuckerberg mengulangi salah satu komentar Jeff Bezos yang relevan dengan situasi Facebook. "Dia berkata,'Ada perusahaan yang bekerja keras untuk membuatmu membayar lebih, dan ada perusahaan yang bekerja keras untuk melakukan sebaiknya.'"

"Dan di Facebook, kami berada di kubu perusahaan-perusahaan yang bekerja keras untuk tak membuatmu membayar lebih dan menyediakan layanan gratis yang bisa dipakai semua orang." Zuckerberg pun mengingatkan bahwa tak semua perusahaan peduli kepada konsumen.

Ia mengatakan agar publik "tak membiarkan perusahaan yang bekerja keras membuatmu membayar lebih berhasil meyakinkanmu bahwa mereka lebih peduli tentangmu. Karena itu terdengar konyol bagiku."

Baca juga: Survei: Facebook Kehilangan Kepercayaan Warga di 2 Negara Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya