Dianggap Jiplak Lagunya, Eminem Tuntut Partai di Selandia Baru

Kaya di Indonesia, kampanye politik tiru lagu luar

Rapper terkenal asal Detroit, AS, Eminem, menuntut satu partai politik penguasa di Selandia Baru karena dugaan melanggar hak cipta. Partai bernama Partai Nasional tersebut dituduh tanpa izin menggunakan lagu legendaris Eminem yang berjudul Lose Yourself. Proses pengadilan pun dimulai di Selandia Baru pada Senin (1/5).

Para pengacara dan hakim mendengarkan lagu Lose Yourself dengan serius.

Dianggap Jiplak Lagunya, Eminem Tuntut Partai di Selandia BaruJeremy Deputar/The New York Times

Seperti dikutip dari Billboard, pemandangan yang cukup aneh terlihat di Pengadilan Tinggi Wellington, Selandia Baru, ketika sembilan pengacara dan satu hakim bersama-sama mendengarkan lagu Lose Yourself milik Eminem dengan serius.

Perwakilan dari manajemen Eminem, Eight Mile Style, dan Partai Nasional pun hadir untuk membandingkan apakah lagu yang digunakan saat kampanye pada 2014 itu memang menjiplak soundtrack dari film Eminem yang berjudul 8 Mile tersebut.

Baca Juga: 15 Selebriti Terkaya Dunia Ini Dulunya Dibesarkan Dalam Kemiskinan

Pengacara Eight Mile Style menyebut lagu Lose Yourself bernilai jutaan dolar.

Dianggap Jiplak Lagunya, Eminem Tuntut Partai di Selandia BaruBillboard

Gary Williams, pengacara Eight Mile Style, berkata kepada New Zealand Herald bahwa Partai Nasional telah melanggar hak cipta dengan memakai lagu atau produksi ulang dari lagu itu. Williams pun menegaskan bahwa ada tiga lapis hak cipta, yaitu, memakai lirik, komposisi musikal, serta suara dari lagu itu sendiri.

Jadi, meski dalam video kampanye itu tak menggunakan lirik Eminem, tapi musiknya memang sangat mirip dengan Lose Yourself. Williams kemudian menegaskan bahwa untuk mendapatkan lisensi lagu itu, yang mana sangat jarang diberikan, suatu pihak harus mampu membayar jutaan dolar.

"Pemberian lisensi atas lagu ini sangat dikontrol dengan hati-hati. Walaupun banyak permintaan, (lisensi dari lagu) ini hanya diberikan untuk kepentingan iklan," kata Williams. Menurutnya, itu karena lagu Lose Yourself sangat bernilai.

"Lagu Lose Yourself, tanpa diragukan lagi, adalah permata di mahkota karya musik Eminem," tegas Williams di pengadilan. "Tak hanya memenangkan penghargaan Academy Award untuk kategori lagu orisinil di sebuah film, Lose Yourself juga memenangkan dua penghargaan Grammy," tambahnya.

Pihak Partai Nasional membantah telah melanggar hak cipta seperti yang dituduhkan.

Dianggap Jiplak Lagunya, Eminem Tuntut Partai di Selandia BaruRolling Stone

Di pengadilan, pengacara Partai Nasional, Greg Arthur, mengatakan bahwa tak ada hukum apapun yang mereka langgar karena menggunakan lagu itu di video kampanye. Mereka berkata bahwa lagu yang dipakai dibeli dari pihak pihak lain. Partai Nasional membeli lagu itu di Beatbox Library dengan judul Eminem-Esque.

"Pelanggaran hak cipta tidak dibuktikan sama sekali hanya dengan judul yang diberikan terhadap sebuah karya musik," kata Arthur. Ia lalu menambahkan,"Apa yang membuat Lose Yourself orisinil tidak tampak dalam Eminem-Esque." Williams sendiri menilai sikap Partai Nasional itu salah karena melimpahkan kesalahan kepada pihak lain.

Seorang pakar musik menyebut lagu yang dipakai Partai Nasional memang sangat mirip dengan Lose Yourself.

Dianggap Jiplak Lagunya, Eminem Tuntut Partai di Selandia Baruinstagram.com/eminem

Andrew Ford, seorang pengamat musik dari Sydney, Australia, berkata bahwa Eminem-Esque dijiplak dari Lose Yourself. Menurutnya, kreator Eminem-Esque hanya menambahkan sedikit perbedaan agar kedua musik tak identik. Namun, semua bagian yang ada dalam video kampanye Partai Nasional ada dalam Lose Yourself. Pengadilan sendiri menyatakan kasus ini pun akan diselesaikan dalam waktu enam hari.

Baca Juga: Wah, 10 Seleb Internasional Ini Dulunya Korban Bully Di Sekolah

Topik:

Berita Terkini Lainnya