Tak Hanya Warganya, Panda di Jepang Juga Mulai "Bekerja" Lembur

Kasihan gak sih?

Tokyo, IDN Times - Sekarang bukan hanya karyawan kantoran saja yang terpaksa bekerja lembur. Sejak Selasa (23/1), bayi panda bernama Xiang Xiang di kebun binatang Ueno juga harus bekerja ekstra.

1. Xiang Xiang akan lembur selama dua jam hingga akhir Januari

Tak Hanya Warganya, Panda di Jepang Juga Mulai Bekerja LemburTokyo Zoological Park Society via Japan Times

Dikutip dari AFP, Xiang Xiang merupakan bayi panda pertama yang ada di Jepang sejak 1988. Selama ini, pengunjung hanya bisa melihat Xiang Xiang selama tiga jam. Selebihnya, ia harus beristirahat. Namun, sejak Selasa hingga akhir Januari, Xiang Xiang bekerja selama lima jam. Artinya, ia harus lembur selama dua jam setiap hari. 

Baca juga: Ketika Panda Jadi "Duta Besar" Tiongkok di Beberapa Negara

2. Pada Februari, jam kerja Xiang Xiang akan bertambah lagi

Tak Hanya Warganya, Panda di Jepang Juga Mulai Bekerja LemburTokyo Zoological Park Society via Japan Times

Ketika pengunjung punya kesempatan selama lima jam untuk melihat si lucu xiang Xiang, pada Februari nanti durasi yang ditetapkan oleh pengelola kebun binatang Ueno lebih panjang lagi. Mereka memutuskan Xiang Xiang perlu tampil selama tujuh jam per hari. Dengan kata lain, bayi panda yang datang pada Desember lalu itu diberi kewajiban lembur tambahan sebanyak dua jam.

3. Penggemar Xiang Xiang bertambah banyak sehingga ia harus tampil lebih lama

Tak Hanya Warganya, Panda di Jepang Juga Mulai Bekerja LemburMagdalena Osumi/Japan Times

Menurut pengelola kebun binatang Ueno, keputusan untuk menambah jam kerja Xiang Xiang dilatarbelakangi oleh antusiasme pengunjung yang meningkat untuk melihatnya. Sebelumnya, manajemen membatasi 400 pengunjung per hari yang bisa bertemu dengannya dalam durasi tiga jam.

Namun, dengan membludaknya minat warga biasa, ditambah dengan perhatian media yang besar, kebun binatang Ueno menilai ini saatnya untuk menambah kuota pengunjung. Ke depannya, diprediksi ada 9.500 penggemar Xiang Xiang yang akan bisa bertemu dengannya setelah jam tampilnya diperpanjang.

Meski bayi panda itu begitu disayang, tak sedikit pengunjung yang merasa khawatir penambahan jam kerjanya akan berdampak buruk. Beberapa menilai bahwa keputusan itu diimplementasikan dengan terlalu cepat sehingga Xiang Xiang mungkin belum beradaptasi. Sementara yang lainnya juga mengaku khawatir, tapi jika Xiang Xiang bahagia, maka seharusnya tidak ada masalah.

Baca juga: Media Asing Soroti Kondisi Mengenaskan Beruang di Kebun Binatang Bandung

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya