Di Jepang, Manga Juga Berguna Untuk Antisipasi Nuklir Korut

Lha, kok bisa?

Pulau bagian utara Jepang, yakni Hokkaido, punya cara sendiri untuk membuat instruksi kepada warganya jika ada ancaman serangan nuklir dari Korea Utara. Pemerintah setempat memanfaatkan manga untuk membuat instruksi tersebut agar lebih komunikatif.

Seniman manga Jepang digandeng untuk membuat instruksi itu.

Di Jepang, Manga Juga Berguna Untuk Antisipasi Nuklir KorutHokkaido Prefectural Government via Japan Times

Pemerintah Hokkaido punya alasan yang masuk akal mengapa mereka menganggap ancaman nuklir Korea Utara dengan cukup serius. Pasalnya, Hokkaido sempat dilalui oleh rudal ketika Kim Jong-un memerintahkan uji coba senjata pada bulan September lalu.

"Kami menerima pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana harus bereaksi di situasi-situasi tertentu. Kami pikir akan lebih membantu jika kami menyediakan panduan dalam format yang mudah dipahami," kata pemerintah Hokkaido, seperti dikutip dari Japan Times.

Seniman manga, Manabu Yamamoto, bertanggungjawab untuk mendesain instruksi menjadi gambar-gambar yang menarik sebanyak empat lembar. Dalam manga itu bisa ditemukan beberapa skenario yang mungkin akan dialami warga ketika sistem peringatan nuklir milik pemerintah (J-alert) berbunyi.

Baca juga: Semakin Banyak Orang Jepang Suka Makan Sendirian di Restoran

Manga itu melengkapi latihan evakuasi nuklir yang dilakukan selama ini.

Di Jepang, Manga Juga Berguna Untuk Antisipasi Nuklir KorutANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Skenario-skenario yang dimaksud adalah seperti siswa harus menjauhi jendela dan bersembunyi di bawah meja, atau seorang petani harus tiarap di tanah. Di bagian lain juga ada instruksi ketika seseorang sedang berada di atas kapal, atau saat berkendara.

Selain manga, warga setempat juga telah melakukan beberapa latihan evakuasi untuk mengantisipasi serangan nuklir dari Korea Utara. Manga tersebut nantinya akan didistribusikan gratis dalam format digital kepada siswa.

Warga lain juga bisa mengunduhnya di situs resmi pemerintah setempat. "Kami percaya ini adalah pertama kalinya di Jepang ada sebuah pemerintahan yang mengeluarkan instruksi evakuasi rudal dalam bentuk manga," kata pejabat pemerintah.

Baca juga: Di Jepang, Barang Hilang Hampir Pasti Kembali

Topik:

Berita Terkini Lainnya