Di Inggris, Bus Bekas Disulap Jadi Hunian Tunawisma

Bisa dipertimbangkan untuk ditiru Indonesia?

London, IDN Times - Sebuah bus tingkat bekas yang awalnya siap dihancurkan akan segera diubah menjadi tempat penampungan tunawisma. Bus tersebut harus pensiun setelah dioperasikan selama 19 tahun berturut-turut.

1. Sebuah organisasi setempat berada di balik rencana tersebut

Di Inggris, Bus Bekas Disulap Jadi Hunian TunawismaBPM via ITV

Dikutip dari ITV, bus berwarna merah yang kerap menghiasi London tersebut didonasikan oleh National Express. Para anggota Rotary Club Birmingham menginisiasi proyek transformasi tersebut. Saat ini, bus itu diparkir di sebuah lokasi bernama Stratford.

Menurut Rotary Club, mereka akan menggunakan uang donasi yang mencapai hampir Rp 1 miliar untuk permak bus tingkat tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Renovasinya sendiri diperkirakan akan memakan waktu sekitar enam minggu. Mereka sendiri bersiap untuk bertemu dengan dewan kota Birmingham untuk bekerja sama.

Juru bicara National Express menuturkan,"Kami sangat senang bisa menawarkan Rotary salah satu bus bekas kami untuk diubah jadi penampungan tunawisma. Bus itu sudah melayani warga Birmingham dengan setia selama bertahun-tahun dan kehidupan baru akan memungkinkannya mendukung lebih banyak lagi orang yang membutuhkan."

Baca juga: Batal Resepsi, Ayah Pengantin Ini Donasikan 4,5 Miliar untuk Bangun Rumah Bagi Tunawisma

2. Mereka menilai jumlah tunawisma di Birmingham sudah sangat banyak

Di Inggris, Bus Bekas Disulap Jadi Hunian TunawismaBPM via ITV

Proyek transformasi bus itu dilatar belakangi oleh kekhawatiran mengenai banyaknya tunawisma di kota mereka. "Kami mengubahnya sedikit karena kami ingin bus itu bisa berpindah-pindah dan kami ingin melakukannya di Birmingham mengingat jumlah tunawisma di sini," kata Luca Buratti, salah satu yang bertanggung jawab dalam proyek tersebut.

"Banyak sekali pelayanan yang ditawarkan untuk membantu mereka di Birmingham, tapi ini akan jadi satu-satunya penampungan yang bisa berpindah-pindah. Bus itu didonasikan dengan sangat baik oleh National Express dan saat ini berada di Stratford. Bus akan segera dibawa ke Sheffield di mana renovasi akan dilaksanakan," tambahnya.

Bangku-bangku di bus akan dilepas dan kemudian digantikan dengan kasur-kasur yang bisa ditiduri oleh sembilan orang. Lalu, akan ada juga area untuk menyiapkan makanan, tempat makan, ruang konsultasi privat, toilet serta kamar mandi.

3. Sebelumnya ada juga bus yang didonasikan untuk menjadi penampungan tunawisma

Di Inggris, Bus Bekas Disulap Jadi Hunian TunawismaPictureexclusive.com/Paul Jacobs via The Independent

Pada November 2017 lalu Metro Online melaporkan bahwa sebuah bus tingkat bekas di Portsmouth juga bertransformasi menjadi tempat istirahat 12 tunawisma. Bus itu didonasikan oleh Stagecoach kepada The Rucksack Project. Dua orang di belakangnya adalah Sammy Barcroft dan Joanne Vines. 

"Seseorang menyarankanku pada 2016,'Kenapa kamu tidak mencari bus dan mengubahnya menjadi penampungan tunawisma?'" ungkap Vines. Ia kemudian memikirkan sara tersebut. "Pada Januari, aku menulis di media sosial,'Apa ada yang bersedia menawariku sebuah bus?' Dan aku dapat tiga penawaran!" Usai direnovasi, bus tersebut diberikan ke Gereja Santa Agatha yang bersedia mengelolanya. 

Baca Juga: Inggris Sediakan Mesin Makanan Gratis bagi Tunawisma

Topik:

Berita Terkini Lainnya