Berusia 121 Tahun, Ini Salah Satu Pria Tertua di Dunia

12 tahun lebih tua dari Haji Agus Salim...

Celino Villaneuva Jaramillo adalah salah satu pria tertua di dunia. Ia lahir pada 1896 di Chile. Artinya, usia Celino saat ini adalah 121 tahun. Ia empat tahun lebih tua dari Nabi Tajima, orang tertua di dunia yang terdaftar dalam Guinness World Records.

Ia tak pernah menikah atau punya anak.

Berusia 121 Tahun, Ini Salah Satu Pria Tertua di DuniaPiotr Kozak/The Guardian

Dikutip dari The Guardian, satu-satunya rumah milik Jaramillo hancur dalam sebuah kebakaran yang juga hampir merenggut nyawanya pada 20 tahun lalu. Ia punya bekas luka yang mengingatkan pada kejadian tersebut.

Pria yang lahir di Rio Bueno itu akhirnya tinggal ditampung oleh Marta Ramirez hingga saat ini - sesuatu yang tak diduganya. "Saat itu dia 99 tahun, aku tak berpikir dia akan masih hidup untuk waktu lebih lama," kata Ramirez. 

Jaramillo sendiri sebelumnya bekerja sebagai petani. Selama 30 tahun, ia bekerja di bawah pemilik lahan bernama Ambrosio Toledo. Namun, ketika Jaramillo berusia 80 tahun, Ambrosio memutuskan untuk menggantinya dengan petani yang jauh lebih mudah.

Akhirnya, ia pindah ke desa lain dan menyewa sebuah gubuk reyot berlantai kotor dengan perapian di tengahnya. Jaramillo menggunakan uang pesangonnya untuk menanam sayuran dan menjual kelebihannya ke warung sekitar.

Baca juga: Jadi Manusia Tertua di Dunia, Ini 7 Fakta tentang Mbah Gotho

Presiden Chile pernah secara langsung memberinya ucapan selamat ulang tahun.

Berusia 121 Tahun, Ini Salah Satu Pria Tertua di DuniaPiotr Kozak/The Guardian

Tak ada yang meragukan bahwa Jaramillo memang berusia 121 tahun. Bahkan, pemerintah Chile pun mengetahuinya. Ketika ia berusia 115 pada 2011, presiden kaya raya Chile, Sebastian Pinera, terbang bersama menteri pembangunan sosial untuk menemui Jaramillo.

Keduanya secara pribadi mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan berbagai kado untuknya, antara lain, alat bantu pendengaran, sepasang alat bantu berjalan dan kompor. Pinera juga mempersembahkan sebuah sertifikat yang berisi pengakuan pemerintah atas usianya.

Berusia 121 Tahun, Ini Salah Satu Pria Tertua di DuniaANTARA FOTO/REUTERS/Rodrigo Garrido

Sayangnya, tak ada bantuan berupa kemudahan dan keringanan layanan kesehatan untuknya. Padahal, itulah yang tak kalah penting bagi pria yang hampir kehilangan seluruh penglihatannya. Ia juga menderita paru-paru basah atau pneumonia yang membuatnya membutuhkan perawatan. Saat ini, Jaramillo hanya mengandalkan layanan kesehatan seadanya untuk orang miskin.

Baca juga: Susannah Jones, Orang Tertua di Dunia Tutup Usia. Ini Resep Hidupnya!

Topik:

Berita Terkini Lainnya