Bergaya Hipster, Puluhan Pria Irak Ini Ingin Tunjukkan "Wajah Baru" Irak

Punya hampir 30 ribu followers di Instagram!

Mungkin dua kata pertama yang terlontar dari mulut kebanyakan orang saat ditanya tentang Irak adalah perang dan konflik. Akan tetapi, puluhan pria yang bertempat tinggal di wilayah Kurdistan, Irak bagian utara, ini punya cara untuk mengubah persepsi orang awam, yang jumlahnya tak sedikit,  tentang negara mereka.

30 pria modis yang bergaya ala hipster ini memamerkan wajah lain dari Irak.

Bergaya Hipster, Puluhan Pria Irak Ini Ingin Tunjukkan Wajah Baru Irakinstagram.com/mr.erbil

Dikutip dari BBC, para pria ini berada dalam satu perkumpulan yang mereka namai dengan Mr. Erbil/ Erbil juga merupakan nama ibukota dari wilayah Kurdistan yang selama ini berada di garda terdepan dalam perjuangan melawan ISIS. Jika orang tak tahu asal mereka, bisa jadi mereka akan dikira layaknya pria-pria hipster di Amerika atau Eropa yang kerap kali muncul di Instagram maupun Pinterest. Pasalnya, gaya mereka sangat rapi dan modis di mana ini seperti menantang pandangan publik selama ini tentang Irak.

Mr. Erbil saat ini memiliki 30 orang anggota dan mereka telah punya hampir 30.000 pengikut di Instagram. Dengan memakai setelan elegan serta berewok yang dicukur rapi, mereka menggabungkan gaya Barat yang modern dengan warisan budaya lokal di mana zaman dulu para pria terhormat di sana selalu memperhatikan penampilan dalam berbagai situasi.

Baca Juga: [VIRAL] Para Feminis Bercadar di Arab Saudi Tuntut Persamaan Hak Melalui Video Keren Ini!

Para pria yang tergabung dalam Mr. Erbil tak hanya pandai bergaya, tapi mereka juga punya misi politik dan sosial.

Bergaya Hipster, Puluhan Pria Irak Ini Ingin Tunjukkan Wajah Baru Irakinstagram.com/mr.erbil

Mr. Erbil tak sekadar tampil modis untuk foto yang kemudian diunggah ke Instagram. Mereka punya tugas untuk menyelenggarakan berbagai acara untuk mempromosikan gaya sebagai ekspresi keindahan. Filosofinya adalah bahwa Irak bukan cuma soal bom, militerisasi, atau pengungsi. Mr. Erbil ingin menunjukkan orang Irak pun punya ketertarikan dalam hal estetika seperti yang mereka tunjukkan melalui cara berpakaian.

Kepada BBC, Mr. Erbil mengaku bahwa kelompok mereka menyerupai sebuah gerakan yang mewakili pemuda Irak di Kurdistan yang mencari kehidupan yang lebih baik serta ingin mengenalkan budaya Kurdi kepada dunia. Lebih jauh, Mr. Erbil juga berupaya untuk mempengaruhi sikap pria terhadap wanita. Setiap Kamis, Mr. Erbil mengunggah foto wanita yang mereka nilai inspiratif di akun Instagram mereka dengan julukan GIRLS INSPIRATION. Mereka ingin menunjukkan bahwa sebagai pria, mereka sangat menghargai wanita.

Contohnya seperti di bawah ini:

Bergaya Hipster, Puluhan Pria Irak Ini Ingin Tunjukkan Wajah Baru Irakinstagram.com/mr.erbil

"@makeupbyzaljaa adalah GIRLS INSPIRATION kami hari Kamis ini. Dia adalah seroang perempuan berjilbab Kurdi yang sangat kuat. Dia merupakan perias wajah bersertifikat, pakar kecantikan kulit yang juga membuat video tutorial untuk membantumu mendapat kulit yang lebih indah, dengan bangga dibuat oleh seorang pakar dari Suli [nama kota di Kurdistan]. Untuk mengetahui dia lebih lanjut, lihat Instagram @makeupbyzaljaa."

Baca Juga: Meski Jadi Minoritas, 7 Perempuan Muslim Amerika ini Buktikan Bisa Tetap Berprestasi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya