Berbobot Setengah Ton, Manusia Terberat di Dunia Jalani Operasi

Sudah berkurang 325 kilogram

Eman Ahmed adalah seorang perempuan berusia 37 tahun asal Alexandria, Mesir. Ia menjadi manusia terberat di dunia dengan bobotnya yang mencapai 500 kilogram. Karena berat tubuhnya tersebut, Ahmed tak mampu berjalan selama 25 tahun. Dengan kondisi tubuh yang seperti itu, ia akhirnya menjalani operasi. Tak hanya untuk mengurangi berat badannya, tapi juga meluruskan pinggang dan lututnya.

Saat ini, Ahmed kehilangan bobot sebesar 325 kilogram.

Berbobot Setengah Ton, Manusia Terberat di Dunia Jalani OperasiShailesh Andrade/Reuters

Seperti dilaporkan oleh Associated Press, Ahmed terbang dari Mesir ke Mumbai, India, pada Februari lalu untuk menjalani operasi. Dokter yang menanganinya mampu mengurangi ukuran perut Ahmed sehingga membantunya mengurani berat badan.

Sejumlah pakar medis di Rumah Sakit Saifee Mumbai mengumumkan bahwa Ahmed harus menjalani diet cairan khusus untuk menurunkan berat tubuhnya terlebih dulu sampai ia dinyatakan aman untuk dioperasi. Saat ini, Ahmed dinyatakan berhasil mengurangi berat tubuhnya hingga 325 kilogram.

Baca Juga: Anak Tergemuk Asal Indonesia Ini Jadi Perhatian Media Luar!

Ahmed mengalami kenaikan berat badan sejak usia 11 tahun.

Berbobot Setengah Ton, Manusia Terberat di Dunia Jalani OperasiShailesh Andrade/Reuters

Persoalan berat badan Ahmed bukan disebabkan karena makanan. Ia menderita lymphedema, yaitu, sebuah kondisi di mana jaringan tubuh membengkak. Ahmed pernah terserang stroke pada usia 11 tahun setelah berat badannya terus bertambah.

Dari Mumbai, Ahmed kemudian diterbangkan ke Abu Dhabi pada Kamis (4/5) untuk melanjutkan perawatan. Ini sangat penting karena Ahmed masih membutuhkan lebih banyak operasi agar bisa berjalan lagi seperti manusia normal.

Baca Juga: Awas, Cara Diet Ini Ternyata Malah Membuat Berat Badanmu Naik Lho!

Topik:

Berita Terkini Lainnya