Atasi Trauma, Anak Suriah Dapat Komik Tsubasa Berbahasa Arab

Untuk meringankan beban mereka

Anak-anak yang menjadi korban konflik Suriah hingga harus menjadi pengungsi sangat rentan menderita trauma. Mereka yang seharusnya menikmati waktu untuk belajar dan bermain justru terpaksa harus berjibaku dengan tragedi. Karena keadaan menyedihkan seperti itu, penerbit komik terkenal asal Jepang memutuskan untuk memberikan donasi untuk anak-anak tersebut.

Penerbit Shueisha menyumbangkan komik Captain Tsubasa kepada anak-anak pengungsi Suriah.

Atasi Trauma, Anak Suriah Dapat Komik Tsubasa Berbahasa ArabWEFA via BBC

Captain Tsubasa adalah tokoh komik yang sangat terkenal. Dengan cerita yang berisi mimpi untuk menjadi pemain sepak bola ternama, Captain Tsubasa sangat disukai oleh anak-anak di seluruh dunia. Cerita tentang harapan itu yang ingin dipelihara oleh penerbit Captain Tsubasa, Shueisha Publisher.

Anak-anak pengungsi Suriah adalah salah satu anak-anak yang paling membutuhkan kisah mengenai mimpi dan optimisme tentang masa depan. Oleh karena itu, Shueisha Publisher memutuskan untuk mendonasikan komik Tsubasa kepada anak-anak pengungsi Suriah di sejumlah kamp pengungsi di Eropa, Turki dan Timur Tengah.

Baca Juga: Tragis! Perempuan di Suriah Alami Krisis Pembalut

Captain Tsubasa versi bahasa Arab diterjemahkan oleh mahasiswa Suriah di Jepang.

Atasi Trauma, Anak Suriah Dapat Komik Tsubasa Berbahasa ArabObada Kassaoumah via BBC

Dikutip dari BBC, seorang mahasiswa asal Suriah di Jepang memiliki peran penting dalam pendonasian komik Captain Tsubasa untuk anak-anak pengungsi Suriah. Mahasiswa itu bernama Obada Kassoumah. Ia bertugas menerjemahkan komik Captain Tsubasa dari bahasa Jepang ke bahasa Arab.

Menurutnya, langkah itu sangat penting. "Saya berharap bisa memberi mereka sedikit harapan dan membuat mereka percaya bahwa ya, mereka bisa bermimpi," ujar Obada. Selain Obada, ada orang lain yang berkontribusi dalam donasi komik Captain Tsubasa untuk anak-anak pengungsi Suriah.

Ia adalah seorang profesor yang belajar tentang Timur Tengah, Profesor Masanori Naito. Ia sempat tinggal di Damascus, Suriah, dan ia adalah orang yang menyarankan Shueisha untuk menyumbangkan komik Captain Tsubasa.

"Tragedi di Suriah menjadi kekhawatiran tersendiri untuk saya. Dulu saya sempat bekerja di desa-desa yang kini dikuasai oleh pasukan pemberontak," tutur Naito. Kini, komik Captain Tsubasa sudah mulai disumbangkan melalui sejumlah organisasi non-profit di Eropa, Turki, dan Timur Tengah. Misalnya, pada minggu lalu, 60 anak-anak di rumah penampungan pengungsi Suriah di Berlin sudah mendapatkan komik Captain Tsubasa tersebut.

Sebelumnya, komik Captain Tsubasa hanya dijual di Timur Tengah dengan motivasi bisnis.

Atasi Trauma, Anak Suriah Dapat Komik Tsubasa Berbahasa ArabShueisha Publisher

Kinokuniya Company Ltd. mempublikasikan sebuah press release pada Januari 2017. Dalam press release itu, Kinokuniya yang membeli lisensi dari Shueisha Publisher mengumumkan rencana untuk menjual komik Captain Tsubasa dalam versi bahasa Arab di Timur Tengah. Hal ini dilatarbelakangi oleh pembukaan toko buku Kinokuniya di Dubai pada 2008 dan bagaimana sepak bola sangat dicintai di regional tersebut.

Baca Juga: Di Balik Mahalnya Pakaian Bermerek, Ada Anak-anak Pengungsi Suriah yang Tereksploitasi

Topik:

Berita Terkini Lainnya