Apple Segera Luncurkan Emoji Perempuan Berhijab

Demi keberagaman!

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple, mengumumkan ke publik bahwa pihaknya akan meluncurkan lebih dari 12 emoji pada akhir tahun 2017. Salah satu yang menarik perhatian adalah adanya emoji seorang perempuan memakai hijab berwarna ungu tua.

Berawal dari kampanye seorang remaja.

Apple Segera Luncurkan Emoji Perempuan BerhijabApple via HuffPost

Menurut Al Jazeera, karakter emoji berhijab telah disetujui oleh Unicode, sebuah konsorsium internasional yang bertanggungjawab membuat emoji untuk produk Apple, pada November 2016 lalu. Semua berawal ketika seorang remaja berusia 15 tahun bernama Rayouf Alhumedhi membuat kampanye lewat situs The Hijab Emoji Project.

Rayouf yang berasal dari Arab Saudi dan tinggal di Jerman mengirimkan proposal kepada Unicode pada September 2016. Ia mengaku tak ada emoji yang cocok merepresentasikan dirinya dan jutaan perempuan Muslim, Kristen dan Katolik yang berhijab.

Baca Juga: Ini 25 Emoji yang Kamu Sering Salah dalam Mengartikan dan Menggunakannya

Apple menyebut ini demi inklusivitas.

Apple Segera Luncurkan Emoji Perempuan Berhijabstylist.co.uk

Emoji yang dipamerkan pada Senin (18/7) tersebut disebut sebagai upaya Apple untuk mewujudkan inklusivitas. "Emoji baru akan memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka dengan keberagaman yang semakin besar, binatang dan karakter tambahan, serta wajah-wajah smiley lainnya," kata Apple.

Selain emoji perempuan berhijab, ada juga emoji perempuan tengah menyusui dan seorang pria yang melakukan meditasi. Pengguna Apple di Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Indonesia, Thailand, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia dan Jerman merupakan pengguna emoji terbesar di Facebook. Mereka diyakini akan sangat antusias ketika emoji-emoji baru Apple diluncurkan pada akhir tahun 2017.

Baca Juga: Introji: 18 Emoji Ini Diciptakan untuk Kamu, Para Introvert

Topik:

Berita Terkini Lainnya